Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini APLIKASI BIOSENSOR UNTUK DIAGNOSIS SURRA PADA TERNAK | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

APLIKASI BIOSENSOR UNTUK DIAGNOSIS SURRA PADA TERNAK

 

Surra, penyakit parasit disebabkan agen Trypanosoma evansi (disnakkeswanjateng)

Para peneliti muda Balai Besar Penelitian Veteriner (Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian) diantaranya April Hari Wardhana SKH MSi Ph.D, Hasim Munawar Ssi Mphil dan tim mengembangkan aplikasi biosensor untuk diagnosis penyakit parasitik.

Dalam karya ilmiahnya, April dan kawan-kawan menyoroti Trypanosoma evansi masih menjadi penyebab utama penyakit trypanosomiasis di Indonesia, yang dikenal dengan nama Surra.

Menurut April, kelemahan dalam mendiagnosa yang tepat dari Card Agglutination Test for Trypanosomiasis/T. evansi (CATT/T. evansi), ELISA, dan PCR menyebabkan pengendalian Surra di lapang masih menghadapi kendala. Untuk itu, diperlukan alternatif piranti diagnosis yang cepat, akurat dan mudah diaplikasikan, yaitu biosensor.

Surra yang disebabkan oleh Trypanosoma evansi masih menjadi permasalahan utama pada ternak, bahkan akhir-akhir ini cenderung menular ke manusia (Zoonosis)

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biosensor Surra/T. evansi berbasis protein merupakan piranti yang menjanjikan untuk dikembangkan dalam mendeteksi Surra pada ternak. (Rilis/INF)

 

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer