Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini CEGAH HARGA ANJLOK LAGI, AYAM MILIK PETERNAK MANDIRI DISERAP | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

CEGAH HARGA ANJLOK LAGI, AYAM MILIK PETERNAK MANDIRI DISERAP

Perusahaan unggas besar (integrator) membeli ayam milik peternak mandiri. (Foto: Humas PKH)

Implemantasi kerja sama antar Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), dengan perusahaan unggas besar untuk membeli ayam broiler peternak mandiri mulai dijalankan.

Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbagan supply-demand dan mengangkat harga unggas hidup (livebird) yang jatuh ditingkat peternak hingga menyentuh Rp 4.000/kg.

“Rabu (22/4/2020) kemarin, PT Japfa Comfeed sudah melakukan pembelian livebird di farm broiler peternak mandiri milik Sugeng (anggota GOPAN) di Dramaga Tanjakan Bogor,” kata Dirjen PKH, I Ketut Diarmita, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (23/4/2020). 

Ia menjelaskan bahwa pembelian livebird tersebut sebanyak 1.920 ekor dengan harga Rp 15.000/kg dan akan didistribusikan ke RPHU di wilayah Parung, Ciomas, Bogor. “Ini bagian dari komitmen perusahaan tersebut untuk membeli livebird sebanyak 700.000 ekor,” terang dia.

Pembelian ternak unggas mandiri juga dilakukan oleh PT Charoen Pokphand Indonesia (CPI). Berdasarkan informasi dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, CPI membeli ayam broiler dari kandang Eri, seorang peternak mandiri yang berdomisili di Desa Ngabean Boja, Kendal. 

Disebutkan bahwa jumlah ayam yang dibeli CPI pada Rabu (22/4/2020) sebanyak 4.000 ekor dengan harga 15.000/kg berat hidup. Sementara harga kesepakatan Pinsar Indonesia di pasaran adalah 10.000/kg, jadi masih ada selisih Rp 5.000 yang bisa didapatkan peternak.

“Ini juga bagian dari komitmen 1 juta ekor ayam yang akan dibeli oleh PT CPI di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur,” ujar Ketut terkait informasi ini.

Pembelian oleh PT CPI ditargetkan sebanyak 20.000 ekor/hari yang selanjutnya akan dipotong di RPHU yang berada di Salatiga. Karkas yang dihasilkan akan diolah menjadi produk olahan ayam. 

Sementara Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak, Ditjen PKH, Sugiono, saat dihubungi menjelaskan bahwa tujuan kerja sama untuk menyerap ayam broiler dari peternak mandiri tersebut untuk membantu mengurangi supply ayam ke pasar sehingga dapat menyeimbangkan supply-demand. “Kita harap harga akan meningkat dan peternak bisa menikmati hasil,” ucap Sugiono.

Lebih lanjut ia meminta agar semua pemangku kepentingan dapat saling membantu dan berbagi dalam situasi sulit saat ini seperti adanya pandemi COVID-19, khususnya membantu peternak mandiri melalui fasilitasi pemasaran.

Sebelumnya, pada Senin (20/4/2020) di Kantor Pusat Kementerian Pertanian diselenggarakan penandatanganan kerjasama antara perusahaan dan asosiasi peternak dalam pembelian ayam ras siap potong. Total ada 22 perusahaan yang akan membantu menyerap livebird sebanyak 4.119.000 ekor di Pulau Jawa. (INF)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer