Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini TIGA ROBOT UNTUK PETERNAKAN AYAM BEREDAR DI PASARAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

TIGA ROBOT UNTUK PETERNAKAN AYAM BEREDAR DI PASARAN

Spoutnic (Foto: Tibot.fr)

Tuntutan produksi tinggi dan makin susahnya mencari tenaga kerja untuk menjadi anak kandang, mendorong beberapa perusahaan berinovasi menciptakan robot, yang bisa mengotomatisasi perawatan dan pengawasan kandang ayam. Di antaranya adalah 3 robot yang telah beredar di pasaran ini.

Octopus Scarifier

Mesin ini diciptakan oleh perusahaan robotic asal Perancis, Octopus Robots. Berfungsi untuk mengaerasi kotoran unggas dan memonitor lingkungan kandang meliputi suhu, kelembaban, tingkat amonia, dan tingkat kecerahan.

Penggunaan robot ini diklaim bisa mengurangi penyakit seperti aspergillosis, pododermatitis, dan hock burn. Pengoperasiannya berlangsung otomatis tanpa henti, dibantu dengan unit charging yang dipasang di kandang.

Spoutnic

Robot yang ukurannya paling kecil di antara robot lain yang beredar di pasaran. Dirancang untuk membuat ayam tetap aktif di kandang pembibitan broiler, sehingga merangsang ayam untuk menggunakan kotak-kotak sarang.

Ukurannya yang kecil memudahkan untuk bergerak di dalam kandang dan mampu meratakan litter. Secara otomatis robot ini menghindari benturan dengan obyek lain. Beratnya 10 kg dengan daya baterai hingga 8 jam, dibuat oleh perusahaan Tibot, Perancis.

ChickenBoy

Dibuat oleh perusahaan asal Spanyol, Faromatics SL, pengoperasiannya agak berbeda dengan robot lain. Mesin ini digantungkan di langit-langit kandang dan memonitor kondisi kandang dari atas.

Dilengkapi kamera dan sensor yang digunakan untuk memantau permasalahan visual seperti ayam yang sakit/mati, litter yang buruk, tingkat kebisingan, suhu, kecepatan udara, dan CO2. (Sumber:Poultryworld.net/NDV)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer