Friday, December 4, 2015

QL Trimitra – Agrofood Luncurkan Telur Omega Bersama Indomaret



Umumnya asupan Omega 3 bisa didapat dari sumber makanan alami seperti ikan-ikanan maupun kacang-kacangan. Omega 3 adalah salah satu jenis lemak tak jenuh yang sangat baik dan juga diperlukan oleh tubuh. Selain sebagai anti kolesterol, asam lemak ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.  
Namun dewasa ini kandungan Omega 3 juga bisa didapati pada telur ayam. Ya telur ayam seperti yang diproduksi oleh PT QL Trimitra – Agrofood sebagaimana terkuak dalam acara “Soft Launcing of QL Omega Eggs in Partnership with Indomaret” di Bekasi Jawa Barat pada Selasa, 13 Oktober 2015. 
Pada kesempatan tersebut Chief Operational Officer PT QL Trimitra, Drh Cecep Moch. Wahyudin SH MH menjelaskan, “Pada hari ini kami sengaja mengadakan  Soft Launching khusus join branding dengan Indomaret. Seperti diketahui PT QL Agrofood selama hampir lebih dari dua tahun ini telah menyuplai telur Omega ke Indomaret dengan total gerai mencapai 920 store dan akan terus ditingkatkan jumlahnya hingga mencapai 1.500 store dan target berikutnya 4.000 store untuk pasar Jabodetabek dan Jawa Barat,” jelas Cecep.   
“Bahkan di pasaran pelanggan sudah terstigma bahwa telor Omega QL adalah telurnya Indomaret. Maka sebagai bentuk terima kasih kepada konsumen yang loyal terhadap produk kami, PT QL Trimitra – Agrofood dengan bangga meluncurkan produk telur QL Omega,” tambah Cecep. 
Drh Cecep menjelaskan bahwa telur QL Omega ini memiliki berbagai keunggulan diantaranya tidak memakai pewarna sintetik, menggunakan pakan alami, telur telah disanitasi dan dihasilkan dari ayam yang dipelihara di dalam kandang closed house dengan menggunakan sistem otomatis. 
Cecep menambahkan, telur QL Omega merupakan produk yang telah terjamin dalam hal keamanan pangan, hal ini karena pada proses produksi telur QL Omega telah mengalami proses sanitasi menggunakan sinar ultra violet, sehingga telur terbebas dari bakteri Salmonella dan E. Coli. Selain itu telur QL Omega juga ditimbang berdasarkan berat masing-masing telur menggunakan mesin grading sehingga keseragaman warna dan berat telur akan seragam. Selain itu peternakan penghasil telur QL Omega ini telah memiliki Nomor Kontrol Veteriner (NKV) dan bersertifikat bebas flu burung dari Pemerintah.  
Dalam soft launching kali ini QL Group Indonesia berkomitmen menyediakan produk yang aman dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan gizi masyarakat Indonesia. Terjalinnya kerjasama QL Trimitra dengan Indomaret ini pun juga sekali lagi membuktikan komitmennya untuk hanya menyasar pasar modern, sehingga selaku perusahaan integrator pendatang baru tidak bergesekan dengan pasar becek yang selama ini menjadi tumpuan peternak layer mandiri.   
Acara soft launching ini secara spesial dihadiri oleh President Director of QL Resource Berhad, Sdn Malaysia Mr. Chia Song Kun dan Chief Executive Officer of QL Group Indonesia, Mr. Chia Mak Hooi, serta perwakilan dari Manajemen Indomaret dan tamu undangan lainnya.  

Terus Berinvestasi
Pada sesi jumpa pers, Drh Cecep  menjelaskan bahwa QL masuk ke Indonesia sejak tahun 2010. QL saat ini telah mulai melengkapi rantai bisnisnya mulai dari feedmill, layer farm, broiler farm, budidaya breeding farm, slaughter house, dan saat ini belum masuk ke further processing namun sudah menjajaki untuk produk yang ready to cook. 
QL GROUP adalah sebuah perusahaan investasi asing di kolaborasi antara perusahaan Malaysia dan QL Trimitra Grup Indonesia. QL GROUP terdiri dari dua perusahaan independen yaitu PT. QL Trimitra dengan garis bisnis yang Breeding Farm, Hatchery, peternakan broiler komersial dan Unggas Perdagangan. Dan PT. QL Agrofood dengan garis bisnis peternakan layer komersial dan Feedmill. 
Tidak main-main, hingga saat ini total nilai investasi yang sudah ditanamkan mencapai 100 juta US$. Demikian disampaikan Chief Executive Officer of QL Group Indonesia, Mr. Chia Mak Hooi saat ditanya wartawan. 
Dipilihnya Indonesia sebagai tempat untuk berinventasi karena populasinya yang besar dan tingkat konsumsi daging ayam dan telur yang masih rendah dibanding negara tetangga. Konsumsi per kapita masyarakat Indonesia hanya 80 butir/tahun, sementara di Malaysia dan Singapura sudah mencapai 300 butir/tahun. Selain itu, QL juga berinvestasi di sektor perikanan dibidang processing yang berlokasi di Surabaya. Sementara di Kalimantan Timur, QL juga berinvestasi di kilang kelapa sawit dan perkebunan. 

Telur Sehat Tak Perlu Mahal
Saat ditanya wartawan bagaimana cara memproduksi telur Omega, Drh Cecep blak-blakan menjelaskan bahwa kandungan Omega 3, 6, 9 dan Vitamin E yang ada dalam telur produksinya dihasilkan dari hasil formulasi pakan dengan penambahan minyak ikan yang mengandung omega. 
“Melalui teknologi pakan unggas saat ini, residu Omega dan vitamin E bisa ditingkatkan beberapa kali di dalam telur ayam. Dengan dukungan feedmill milik sendiri maka dengan sangat mudahnya kami memformulasi pakan untuk menghasilkan telur yang mengandung Omega 3 yang sesuai standar kesehatan masyarakat. Selain penambahan Omega 3, kami juga menambahkan Omega 6, Omega 9, dan Vitamin E yang bermanfaat bagi kecerdasan dan kekencangan kulit. Bahkan jumlah peningkatan kandungan Omega dibanding kuning telur biasa bisa mencapai 3-4 kali lipat,” jelas Drh Cecep. 
Saat ini QL Trimitra Agrofood menyuplai sekitar 1000 gerai Indomaret, sementara diseluruh Indonesia Indomaret memiliki 13.000 gerai. Target kedepan QL Trimitra Agrofood akan menyuplai sekitar 4.000 gerai dan akan ditingkatkan diseluruh Pulau Jawa hingga mencapai 9.000 gerai Indomaret di tahun 2016. 
Konsep QL sejak awal target pasarnya adalah pasar modern. Pangsa pasar yang ada di Indonesia 60 persen pasar modern dan 40 persen pasar tradisional. Harga telur Omega 3 QL tidak lebih tinggi dari pesaing tapi sedikit lebih tinggi dibandingkan harga telur biasa. Produksi telur Omega QL saat ini 900 ribu butir per hari yang equivalent dengan 45-50 ton per hari.
“Dalam memasarkannya kami bekerjasama dengan Indomaret, HET tidak lebih dari Rp 2.400 per butir. Kami  berkampanye menyediakan  telur yang sehat, berkualitas, dapat diterima masyarakat dan tidak perlu mahal,” kata Cecep.
Permintaan telur Omega 3, menurut Cecep setiap tahun terus meningkat. Terbukti pusat perbelanjaan  Indomaret yang dahulu tidak terlalu perhatian terhadap telur omega namun sejak menjalin kerjasama dengan PT. QL Omega justru penjualan telur Omega 3-nya jauh lebih tinggi dibandingkan telur biasa. ”Dalam dua tahun terakhir peningkatan penjualan sudah mencapai 300 persen,” pungkasnya. (adv/wan)

0 komentar:

Post a Comment

 
Infovet Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template