Thursday, November 25, 2010

BAGI-BAGI TELUR DI PERINGATAN HARI TELUR SEDUNIA

Asosiasi Perunggasan baik petelur maupun pedaging di bawah koordinasi Pusat Informasi dan Pasar (Pinsar) Unggas Nasional mengkampanyekan Hari Telur Sedunia yang jatuh pada 8 Oktober 2010 di Bundaran HI, Jakarta.

Koordinator kampanye Hari Telur Sedunia, Ricky Bangsaratu, yang dijumpai Infovet di lokasi kampanye, Jumat (8/10), mengatakan target acara tersebut lebih menekankan agar konsumsi telur meningkat dan mempersiapkan agenda bulanan yang direncanakan bekerjasama dengan Kementerian Pertanian.

Perkembangan perunggasan nasional telah jauh beranjak. Tantangan yang dihadapi juga kian beragam dan kompleks. Sampai kini, sekalipun berbagai perkembangan telah berlangsung, namun tingkat konsumsi telur per kapita nasional belum juga mencapai 5 kg. Jauh dibandingkan negara-negara di kawasan Asia Tenggara sekalipun.

Ini disebabkan masih banyak anggota masyarakat kita yang belum memiliki kesadaran penuh akan pentingnya kandungan gizi asal telur bagi kesehatan, pertumbuhan, kecerdasan anak-anak dan keluarga, serta produktifitas. Di sisi lain, dari kalangan terdidik juga masih banyak persepsi yang keliru tentang telur. Kenyataan menunjukkan sebaliknya, rokok yang mengandung racun berbahaya, tingkat konsumsinya jauh lebih tinggi dibanding dengan konsumsi telur. Hal inilah yang melatarbelakangi dilakukannya kampanye gizi ini.

Tanggal 8 Oktober, adalah hari Telur Se-Dunia (World Egg Day). Salah satu momen terbaik bagi masyarakat perunggasan, untuk mengingatkan kembali kepada sesama insan perunggasan bahwa ada tugas besar tentang peningkatan konsumsi telur nasional.

“Maka adalah penting bagi segenap anggota Pinsar Unggas Nasional dan seluruh stakeholder perunggasan nasional untuk terus menyatu dan melakukan aksi Kampanye Gizi. Aksi-aksi yang menciptakan simpati dan mengedukasi masyarakat agar masyarakat semakin tercerahkan akan pentingnya nilai gizi dalam produk unggas, khususnya telur. Tidak saja bagi kesehatan keluarga, tetapi juga bagi masa depan anak bangsa,” ujar Ricky Bangsaratu .

Kampanye gizi lewat aksi pembagian 12.000 butir telur rebus dilaksanakan di Bundaran Hotel Indonesia dan melibatkan publik figur yang identik dengan icon kesehatan, kekuatan dan prestasi. Diantaranya adalah Rikas (L-Men of the year 2010), Hadi Yulizar (Top 5 L-Men 2007), Kris T. Lalamentik (Runner Up L-Men 2006), Davi (Binaragawan Nasional) dan Nania (Indonesian Idol).

“Kampanye Hari Telur Sedunia ini merupakan yang pertama di Indonesia. Acara ini diperingati dunia pada tiap Jumat kedua bulan Oktober,” kata Vinca Lestari Dharmawan, Ketua Bid. Layer Pinsar yang juga panitia kampanye. Dalam kesempatan tersebut, mereka mensosialisasikan manfaat telur sebagai makanan yang aman untuk dikonsumsi. Telur adalah sumber protein terbaik dan termurah untuk anak-anak hingga orangtua dan sarapan telur bisa melangsingkan.
Selain itu, putih telur bisa meringankan demam berdarah dan telur kaya dengan kandungan protein, energy, folat, albumin, kolin, lecithin, iron, riboflavin, niacin, magnesium, potassium, natrium, lipid, vitamin A, lutein dan zeaxanthin.

“Kampanye yang dilakukan sebanyak 120 orang tersebut merupakan anggota asosiasi perunggasan dari Jawa, Sumatera dan Bali. Setelah acara ini akan diadakan rapat evaluasi dan jika acara ini dinilai berhasil maka kampanye akan dilakukan setiap tahun dan bisa merangkul daerah lain,” kata Ricky menambahkan.

Selain asosiasi peternak, kampanye ini juga mendapat dukungan dari perusahaan yang bergerak dibidang perunggasan diantaranya adalah perusahaan integrator perunggasan dan produsen/distributor obat hewan. Dengan semboyan “1 Telur Sehari Anda Pasti Sehat”, diharapkan di masa mendatang kegiatan kampanye yang berlangsung secara kontinyu dan terencana akan mampu meningkatkan konsumsi telur nasional. Tidak saja untuk meningkatkan konsumsi protein hewani yang mencerdaskan anak bangsa, namun juga untuk menggerakan ekonomi rakyat, kemandirian bangsa dan ketahanan pangan nasional.

Lima Manfaat Terbaik dari Telur
Terdapat 5 manfaat terbaik yang didapatkan dari mengkonsumsi telur yaitu sebagai nutrisi penting karena kaya akan vitamin, mencegah penyebaran Food-Borne Phatogen E Coli, Mencegah kadar kolesterol dalam darah, sangat baik untuk kesehatan mata dan memiliki protein yang tinggi.

Telur adalah sumber protein yang relatif murah. Selain itu juga telur mengandung choline, zat yang diperlukan oleh tubuh supaya tetap sehat terutama untuk perkembangan otak dan memori.

Nutrisi penting, telur mengandung berbagai nutrisi penting yaitu protein, vitamin A, D, E, dan B, fosfor dan zinc. Berkadar lemak dan kalori rendah. Satu butir telur hanya mengandung 80 kal. Inilah yang membuat telur sangat disarankan saat seseorang menjalani diet.

Mencegah penyebaran Food-Borne Pathogen, E Coli. Putih telur memiliki peran yang sangat penting mencegah penyebaran bakteri. Menurut penelitian oleh peneliti di Jepang, adalah zat peptide (yang ada ditelur) yang mengikat bakteri E.Coli dan mencegah untuk bisa menyebar.

Mencegah kadar kolesterol dalam darah. Tidaklah benar jika ada yang berpendapat bahwa telur meningkatkan kadar kolesterol darah. Tetapi sebaliknya menurut penelitian di Universitas Harvard, tidak ada hubungan antara penyakit kardiovaskular dan makan telur. Telur hanya mengandung 5 gram lemak dan hanya terdiri dari lemak jenuh. Tanpa mengandung lemak tak jenuh, yang memicu kenaikan kolesterol.

Baik bagi mata, pada telur terdapat Lutein dan Zeaxanthin. Dua zat ini membantu menjaga kesehatan mata dan melindungi mata dari efek ultraviolet sinar matahari. Selain itu juga 2 zat ini mengurangi risiko terkenanya penyakit Age-related Macular Degeneration, salah satu penyebab kebutaan bagi orang yang berusia diatas 65 tahun. Juga sudah dibuktikan bahwa dengan memakan telur, dapat mengurangi risiko penyakit katarak.

Sebagai sumber protein tinggi. Seperti yang sering dikatakan orang tua dulu, kalau telur sumber protein dan karena itu telur digunakan sebagai standarisasi dari sumber protein yang lain. Protein berfungsi untuk memperbaiki organ tubuh. Otot, kulit, dan organ-organ tubuh semua tersusun dari protein. Protein sendiri terdiri dari 20 zat asam amino yang berbeda-beda, dan 9 di antaranya tidak diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Telur mengandung 9 zat penting dan asam amino, yang berfungsi meningkatkan kadar protein dalam tubuh.

Makan Telur Dapat Menurunkan Berat Badan
Makan telur sangat mengenyangkan terlebih lagi semua kandungan protein dan zat gizi di dalamnya terpenuhi. Makan telur 1-2 butir tiap hari membuat orang gampang merasa kenyang sehingga bisa menurunkan berat badan.

Itulah mengapa pada tahun 1979, mantan perdana menteri Inggris Margaret Thatcher bisa mengurangi berat badannya dalam jangka waktu singkat dengan mengonsumsi 28 butir telur dalam seminggu.

Makan sebutir telur tiap hari mencukupi kebutuhan 20 persen konsumsi harian manusia. Sehingga setelah makan telur orang tidak perlu lagi berlebihan mengonsumsi makanan lainnya.
Sebuah tim peneliti yang melakukan penelitian di Amerika Serikat menemukan bahwa orang yang makan telur memiliki hampir semua zat gizi yang lebih tinggi daripada orang yang tak mengonsumsi telur.

“Manfaat kesehatan dari telur tampak sangat besar. Sehingga mungkin tidak berlebihan jika menyebutnya makanan super. Telur merupakan makanan yang paling bergizi dari semua makanan yang ada,” kata Dr Carrie Ruxton, seorang ahli diet independen dan penulis laporan, seperti dilansir dari Dailymail, Rabu (10/3/2010).

Telur bisa dianggap ‘makanan super’ karena selain dapat meningkatkan kesehatan juga dapat melawan obesitas. Dan menurut ahli gizi, makan telur satu butir sehari dapat menurunkan berat badan.

Studi yang dirilis ini akan dipublikasikan pada bulan Juni dalam jurnal Nutrition and Food Science. Studi ini meneliti 71 penelitian dan bahan referensi yang memeriksa komposisi gizi telur dan perannya sebagai makanan.

Peneliti menemukan bahwa telur tidak hanya rendah kalori, tetapi juga merupakan sumber kaya protein dan dikemas dengan zat gizi yang penting bagi kesehatan, terutaman vitamin D, vitamin B12, selenium, dan kolin. Telur adalah makanan ideal pada setiap tahap kehidupan serta mudah dimasak dan menyenangkan untuk dimakan.

Sebuah laporan juga menegaskan bahwa diantara makanan protein, telur mengandung campuran asam amino esensial terkaya. Ini sangat penting untuk anak-anak, remaja, dewasa muda karena keseimbangan yang tepat diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan. Dalam telur juga ditemukan antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu mencegah penuaan terkait macular degeneration yang menyebabkan kebutaan.

Kelompok-kelompok tertentu yang mendapatkan manfaat dengan makan lebih banyak telur yaitu kaum muda, pecinta daging dan orang-orang yang menghindari susu.

Temuan kunci adalah bahwa telur merupakan makanan penting sumber vitamin D dan dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk meningkatkan asupan harian vitamin D. Rendahnya kadar vitamin D dikaitkan dengan sejumlah kondisi medis seperti kerusakan tulang, kanker, penyakit jantung, multiple sclerosis, gangguan kekebalan tubuh dan masalah-masalah kesehatan mental.

Temuan terbaru yang didanai oleh British Egg Industry Council, mengatakan bahwa satu atau dua telur sehari tidak berpengaruh pada kolesterol total bagi kebanyakan orang. Menurut Dr Ruxton, ada manfaat gizi yang nyata bila makan telur tiap hari. Bukti menunjukkan bahwa telur dapat berguna untuk mengenyangkan, mengendalikan berat badan dan juga untuk kesehatan mata. (Red)

2 komentar:

sugma on November 27, 2010 at 8:47 PM said...

sugmag08.student.ipb.ac.id :
saya rasa acara seperti ini harus terus ditingkatkan, agar dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi telur. karna telur kaya akan protein.

enda said...

saya harap kita tidak hanya memandang acara bagi-bagi telurnya, tetapi saya harapkan kita bisa melihat dari segi makna dan tujuan kegiatan tersebut, yakni sebagai event untuk memperkenalkan dunia peternakan di indonesia, sebab saya rasa dunia peternakan di indonesia mengalami kemunduran dan kurang perhatian dari beberapa kalangan yang seharusnya bisa mewadahi dunia peternakan. semoga dengan acara ini dunia peternakan di indonesia dapat maju dan berkembang. JAYA DUNIA PETERNAKAN, JADIKAN HIDUP LEBIH SEHAT DENGAN MENGKONSUMSI PRODUK PETERNAKAN INDONESIA

Post a Comment

 
Infovet Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template