Thursday, August 16, 2007

Infovet 155, Juni 2007 - BERBAHAGIALAH KARENA TERNAK

Pergantian Menteri secara terbatas oleh Presiden RI tidak menyentuh Kementerian Pertanian, apakah itu pertanda kinerja departemen ini sudah seperti yang diharapkan? Di sini, kita tidak sedang membicarakan masalah politik. Namun kita membicarakan soal kinerja. Kita persempit ke bidang yang kita geluti: peternakan dan kesehatan hewan. Sudahkah kinerja kita optimal dan maksimal?

Kita pun tidak perlu menjawab ya atau tidak.Cukup untuk menjadi perenungan, dan ujungnya kita akan lakukan perubahan, pembaharuan dan perbaikan! Kita tahu, dalam bidang peternakan dan kesehatan hewan, yang kita harapkan pun: peningkatan kesejahteraan lahir dan batin, sebuah nilai yang acap didengungkan dalam Pembangunan lima tahunan yang kini kita jarang dengar lagi gaungnya.

Melacak kesejahteraan lahir kalangan peternakan dan kesehatan hewan, dapat diindikasikan dengan perubahan-perubahan fisik, sarana dan prasarana,harta dan bena karyawan dan perusahaan (dalam bahasa lain: buruh dan pengusaha). Sedangkan melacak kesejahteraan batin dapat diindikasikan dengan sikap loyal, penuh dedikasi, nyaman bekerja di perusahaan,.dan berbagai sikap positif.

Sekarang marilah kita amati perubahan-perubahan fisik dari perusahaan kita masing-masing. Mulai dari berdirinya perusahaan, mungkin mulai dari ruang kecil di garasi, berkembang menjadi rumah, semakin luas, kontrak gedung, hingga akhirnya punya gedung sendiri,melebar ke berbagai kota sebagai cabang, dan masing-masing cabang juga mengalami perkembangan serupa.

Juga evaluasi perkembangan kendaraan, mungkin dari beberapa vespa dan speda motor untuk mengantarkan obat hewan dan sarana produksi peternakan lainnya, menjadi kendaraan roda empat bak terbuka, tiapTS dikasih pegangan mobil kotak,hingga sekarang kelas mobilnya naik tingkat dengan mobil bisnis yang ekslusif. Jumlahnya yang semakinbanyak, berderet-deret di halaman kantor gedung baru yang membanggakan.

Demikian juga hitung berapa karyawan yang terlibat di perusahaan Anda, mungkinmulai dari dua (2) orang karyawan saja, bertambah, dan bertambah, tidak hanya bagian teknis, tapi juga bertambah dengan tenaga administrasi, keuangan, kemanan, pesuruh/ anak kantor, kurir, penagih hutang, dan lain-lain.

Lalu perhatikan kenyamanan kerja para karyawan, eksekutif dan bahkan para pemimpin dan pemilik perusahaan. Mungkin Anda sudah ikut perusahaan sejak berdiri, atau bahkan Anda-lah pendiri perusahaan, lalu ada rekruitmen karyawan baru, karyawan ada setia bertahun-tahun meniti jenjang karir di perusahaan, dan ada pula karyawan yang pindah atau dibajak perusahaan lain, atau keluar secara terhormat dan mendapat atau mencipta penghidupan lebih baik di perusahaan lain baik sebagai karyawan atau mungkin mendirikan perusahaan baru.

Sepanjang evaluasi lahir dan batin itu, pernahkah terpikir bahwa sesungguhnya apakah yang menghidupi kita, sebagai insan peternakan dan kesehatan hewan, sehingga kita dari yang semula kos atau kontrak menjadi punya rumah atau bahkan gedung sendiri?

Apakah sesungguhnya membuat perusahaan Anda menjadi tumbuh, berkembang dan melebarkan sayap ke seantero penjuru tanah air bahkan manca negara?

Apakah yang sesungguhnya membuat kita dapat memakaipakaian bagus dan berdiri serta berjalan dengan penuh keyakinan berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah dengan orang sukses lainnya?

Apakah sesungguhnya yang membuat Anda yang dulunya bujang hingga kini punya putra, menyekolahkannya, bahkan sampai universitas, menjadi sarjana, bahkan menjadi orang sukses sesuai bidang masing-masing?

Kita tidak melebih-lebihkan satu hal yang membuat kita mengalami kesejahteraan lahir dan batin ini. Sebab semua bidang kehidupan, tidak hanya peternakan dan kesehatan hewan, juga akan memberi dan bahkan memberi lebih kesejahteraan kepada kita.

Namun, kita sungguh-sungguh menyadari, yang membuat kita sejahtera dan nyaman bagi kita di bidang yang kita pilih, adalah: ternak. Mungkin Anda peternak ayam pedaging, peternak ayam petelur, peternak sapi, peternak kambing, dan lain-lain.Mungkin Anda pengusaha obat hewan, pakan ternak, bibit, peralatan peternakan, dan lain-lain.

Mungkin Anda adalah karyawan biasa. Mungkin Anda pedagang telur, pedagang ayam, pengepul, pengecer, atau bahkan pemilik restoran ayam goreng. Mungkin Anda peneliti, birokrat, bahkan penulis masalah peternakan dan kesehatan hewan.

Satu kesadaran pasti, semua karena ternak: unggas maupun ruminansia. Baik secara langsung maupun tidak langsung, uang, harta, kekayaan, kedudukan, kesejahteraan dan semua yang membuat kita bersyukur karena anugerah Tuhan, adalah anugerahNya juga yang bernama: Ternak, hewan yang kita pelihara, perdagangkan, kita teliti, maupun kita konsumsi.

Karena itu: Berbahagialah karena ternak. Bahagia untuk Anda, kita semua. Berbahagialah! (Yonathan Rahardjo)

0 komentar:

Post a Comment

 
Infovet Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template