Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini SMART MINI CLOSED HOUSE TINGKATKAN EFISIENSI PRODUKSI | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

SMART MINI CLOSED HOUSE TINGKATKAN EFISIENSI PRODUKSI

Kegiatan 'Diseminasi Matching Fund IPB 2022' hari ini. (Foto: Istimewa)

 

Jumat (9/12) digelar kegiatan ‘Diseminasi Matching Fund IPB 2022’ di IPB International Convention Center, Bogor. Acara ini merupakan kerjasama Sekolah Vokasi (SV) IPB dan PT Tri Satya Mandiri, salah satu unit usaha Tri Group serta didukung Kementerian Pendidikan Kebudayan Riset dan Teknologi

PT Tri Satya Mandiri (TSM) mengembangkan model perkandangan Smart Mini Closed House (“SMART PRO”). Perkandangan yang berbasis closed house ini diharapkan mampu menjawab tantangan budidaya ayam broiler dan meningkatkan efisiensi produksi. 

Prof Dr Arief Daryanto selaku Dekan Sekolah SV IPB mengemukakan, “Peran sekolah vokasi sangat strategis dalam upaya mendukung ketahanan pangan baik ketersediaan maupun keterjangkauan. Ditengah ketidakpastian perunggasan nasional, efisiensi menjadi keniscayaan, perkandangan Smart Mini Closed House ini diharapkan mampu menjawab tantangan ini melalui pemanfaatan “SMART PRO” sebagai teaching dan riset factory.”

Direktur PT Tri Satya Mandiri, Ramadhana Dwi Putra Mandiri menyatakan “SMART PRO” merupakan pengembangan perkandangan Mini Closed House yang sudah ada dengan pengembangan inovasi bersama SV IPB. 

“Pengembangan pada “SMART PRO” ini berupa pengembangan perangakat Internet of Things (IoT) serta manure system. Diharapkan dengan pengambangan ini tercapai efisiensi produksi yang pada akhirnya memberikan keuntungan bagi peternak,” terang Ramadhana. 

Dalam kesempatan yang sama, Dr Inna Novinaty Ssi MSi dan Sofiyanti Indriasari S Kom, M Kom, anggota tim “SMART PRO” mengatakan salah satu inovasi pada “SMART PRO” yakni dukungan IoT dalam pengambilan keputusan produksi. Melalui IoT data-data seperti suhu, kelembaban, kecepatan angin, amoniak dan tingkat cahaya dapat diakses secara real time dan dapat diakses dimana saja. Disamping itu juga dilengkapi manure system, sehingga lebih mudah dalam pengelolaan kotoran.   

“Selain dapat menjadi pusat penelitian, kami harap “SMART PRO” menjadi trigger dan bermanfaat khususnya bagi pelaku usaha budidaya broiler UMKM”. Terlebih inovasi ini juga merupakan gagasan dari lintas program studi SV IPB, kami yakin banyak manfaat dan transfer pengetahuan yang akan memberi keuntungan bagi peternak,” ujar Prof Dr Erika Budiarti Laconi, Wakil Rektor Bidang Inovasi dan Bisnis IPB University.

Danang Priyambodo SPt MSi selaku Ketua Tim “SMART PRO” SV IPB menjelaskan kegiatan ini merupakan kolaborasi antar program studi SV IPB diantaranya program studi Teknologi dan Manajemen Ternak, Teknologi Rekayasa Komputer, serta Teknologi dan Rekayasa Perangkat Lunak. 

Pembangunan ini dilatarbelakangi teknologi closed house yang diketahui sebagai salah satu model perkandangan yang mampu mencapai efisiensi produksi, namun dari segi pembiayaan mahal. 

“Berkolaborasi dengan TSM yang sudah lebih dulu mengembangkan mini closed house yang relatif pembiayaannya terjangkau, kami kembangkan model yang didukung perangkat IoT dan manure system,” pungkas Danang. (Jefri/NDV)


Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer