Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini WEBINAR NASIONAL DAN LAUNCHING BUKU SEMARAKAN MILAD INFOVET KE-29 TAHUN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

WEBINAR NASIONAL DAN LAUNCHING BUKU SEMARAKAN MILAD INFOVET KE-29 TAHUN

Milad Infovet ke-29 tahun yang disemarakan dengan webinar nasional dan launching buku, Rabu (5/5/2021). (Foto: Infovet/Ridwan)

Webinar Nasional dan launching buku berjudul Kumpulan Perkembangan Penyakit Unggas Aktual terbitan GITA Pustaka, menjadi rangkaian semarak ulang tahun Majalah Infovet ke-29 tahun yang jatuh pada 2 Mei 2021.

Direktur Utama PT Gallus Indonesia Utama (GITA), Ir Bambang Suharno, yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Infovet, mengungkapkan dengan menginjak usia kepala dua ini, Infovet semakin berkembang sejak terbitan pertamanya tahun 1992 silam.

Direktur Utama PT GITA, Ir Bambang Suharno, saat memberikan sambutan. (Foto: Infovet/Ridwan)

“Dalam perkembangannya, Infovet dalam wadah PT Gallus terus mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi,” kata Bambang dalam sambutannya, Rabu (5/5/2021).

Apresiasi juga datang dari Ketua Umum Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI), Drh Irawati Fari. Dirinya menyebut bahwa dalam rangka milad Infovet, pelaksanaan webinar dan launching buku mengenai kesehatan hewan menjadi hal yang sangat tepat.

“Kegiatan yang sangat bagus dan tepat sekali, dimana kita ke depan dapat menyongsong alternatif pengobatan dan bagaimana kita bisa meningkatkan produksi ternak. Saya sangat apresiasi Infovet yang sudah 29 tahun terus berjaya dan bisa bertahan dengan persaingan industri yang semakin ketat, serta mampu bertahan dikala pandemi COVID-19 melanda,” tutur Irawati.

Sambutan sekaligus pembukaan oleh Ketua Umum ASOHI, Drh Irawati Fari. (Foto: Infovet/Ridwan)

Terus konsisten menyajikan informasi, Ira menambahkan, era digitalisasi saat ini harus bisa dimanfaatkan untuk membuat terobosan dan inovasi dalam memberikan kontribusi di industri peternakan dan kesehatan hewan.

“Ini menjadi tantangan kita ke depan untuk bagaimana Infovet bisa tetap dinikmati oleh pembaca saat ini, khususnya para milenial dengan menyajikan informasi yang bermanfaat, seperti bagaimana peningkatan produksi maupun manajemen yang baik pada ternak,” pungkasnya.

Usai mendengarkan sambutan, kegiatan menampilkan Poultry Technical Consultant, Drh Baskoro Tri Caroko yang didapuk menjadi narasumber Webinar Nasional dengan tajuk “Mengatasi Drop Produksi Telur dengan Manajemen Holistik.”

Drh Baskoro Tri Caroko menjadi pembicara webinar. (Foto: Infovet/Ridwan)

Secara gamblang, Baskoro mengemukakan bahwa penelitian penyakit drop produksi telur masih sangat minim, padahal apabila ayam mengalami hal tersebut yang melibatkan penyakit infeksius akan menyebabkan kerusakan pada ovarium, tentunya kasus akan menjadi lebih rumit dan merugikan peternak.

“Pengobatan hanya meminimalisir kerugian saja. Meskipun sembuh, telur yang dihasilkan tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Sehingga diperlukan cara baru yang lebih komplit, praktis, efektif dan efisien dalam menangani kasus. Dengan pola manajemen holistik, urusan penyakit menjadi lebih mudah,” kata Baskoro.

Lebih lanjut dijelaskan, manajemen holistik sangat praktis karena mudah dikerjakan oleh manusia yang ada di suatu peternakan. Kemudian, efektif karena pengendalian kasus langsung pada sumber penularan dengan memperhatikan pengaruh interaksi antar manusia, hewan dan lingkungan.

“Serta efisien dengan upgrade manajemen, kualitas pakan, kesejahteraan ayam, menekan sumber penularan, mencegah penyebaran dan upaya pengebalan ayam terhadap serangan penyakit,” tandasnya. (RBS)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer