Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini PEMBIAKAN KAMBING SABURAI KEBANGGAAN BAGI LAMPUNG | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

PEMBIAKAN KAMBING SABURAI KEBANGGAAN BAGI LAMPUNG

Gubernur Lampung saat meninjau tempat pembiakan kambing Saburai di Pesawaran (Foto: Dok. Humas Pemprov)

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat melihat kambing Saburai di tempat pembiakan Negerisakti, Gedongtataan, Pesawaran, Selasa, 10 Maret 2020. Dok. Humas Pemprov
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terus mempersiapkan segala hal untuk mewujudkan Sang Bumi Ruwai Jurai menjadi lumbung ternak nasional. Apalagi Lampung sudah mampu melakukan pembiakan kambing.   

Salah satu hal yang dilakukan saat Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yaitu meninjau UPTD Balai Pembibitan Ternak Kambing (BPTK) Saburai yang menjadi tempat pembiakan kambing Saburai di Negerisakti, Gedongtataan, Pesawaran, Selasa (10/3). Peninjauan tersebut dalam rangka memastikan langsung kesiapan pembiakan kambing Saburai.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur didampingi Kepala Bappeda Fredy, Plt Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Lili Mawarti dan jajaran.

Gubernur mengatakan pembiakan kambing Saburai merupakan suatu prestasi dan kebanggaan dari sektor peternakan di Lampung. "Bicara soal kambing, kita sudah punya keberhasilan. Terutama kambing dikawinkan antara peranakan etawa betina dengan kambing bur jantan sehingga anaknya menjadi kambing Saburai," ujarnya.

Menurut dia, kambing Saburai ini menjadi suplai untuk kebutuhan para peternak. "Saya datang ke sini untuk melihat jangan sampai terbuai dalam pembibitan, tetapi kondisi induk tidak diperhatikan. Mungkin tahun ini kita akan lakukan peremajaan induk, supaya ke depan lebih banyak," ujar mantan Sekprov Lampung itu.

Sebagai salah satu upaya, Gubernur akan menunda PAD dari UPTD BPTK Saburai pada tahun ini. Namun, pendapatan itu harus dimanfaatkan untuk peremajaan indukan. "Supaya nanti jumlah penyerahan atau pendistribusian pembibitan untuk ternak itu lebih besar dan banyak, kemungkinan keberhasilannya lebih besar," ujarnya.

Gubernur menjelaskan beberapa hari terakhir telah bertemu para petinggi BUMD DKI Jakarta. Dari pertemuan itu, BUMD DKI menginginkan agar bahan baku tidak lagi masuk Jakarta. Namun telah diproses di Lampung.

"Artinya, pemotongan atau RPH sudah disiapkan di sini sehingga di sana sudah tidak ada limbahnya," katanya.

Dia juga memastikan Lampung sudah sangat siap menjadi lumbung ternak nasional. Untuk itu, berapa pun kebutuhan nantinya, Lampung siap menyuplai.

Plt Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Lili Mawarti berharap kambing Saburai dapat menjadi ikon Lampung. Sebab, Lampung memiliki plasma nuftah berdasarkan rumpun yang sudah ditetapkan Kementan yaitu kambing Saburai. (Sumber: lampost.co)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer