SCAN APLIKASI ANDROID

SCAN APLIKASI ANDROID

EDISI SEPTEMBER 2018

Susunan Redaksi

Pemimpin Umum/Redaksi
Ir. Bambang Suharno
Wakil Pemimpin Umum/Usaha
Drh. Rakhmat Nuriyanto MBA
Redaktur Pelaksana
Ir. Darmanung Siswantoro
Koordinator Peliputan
Ridwan Bayu Seto
Nunung Dwi Verawati

Redaksi
Wawan Kurniawan, SPt, (Jabodetabek)
Drh Untung Satriyo (Jogja & Jateng)
Drh. Yonathan Rahardjo (Jatim)
Drh. Masdjoko Rudyanto (Bali)
Drh Heru Rachmadi (NTB)
Sadarman SPt (Riau)
Drh. Sry Deniati (Sulsel)
Drh. Joko Susilo (Lampung)
Drh Putut Pantoyo (Sumatera Selatan)

Kontributor
Prof Dr Drh Charles Rangga Tabbu,
Drh Dedy Kusmanagandi, MM,
Gani Haryanto,
Drh Ketut T. Sukata, MBA,
Drs Tony Unandar MS
Prof Dr Drh CA Nidom MS

Kabag Produksi & Sirkulasi
M. Farur Rozi

Staf Produksi & Sirkulasi
M. Sofyan, Achmad Febriyanto, Rizky Yunandi

Administrasi:
Nur Aidah,

Keuangan:
Eka Safitri
Achmad Kohar

Alamat Redaksi:
Ruko Grand Pasar Minggu
Jl. Raya Rawa Bambu No. 88A
Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520
Telp: (021) 7829689, 78841279, Fax: 7820408
e-mail:
Redaksi : majalah.infovet@gmail.com
Pemasaran : marketing.infovet@gmail.com

Rekening
Bank MANDIRI Cab Ragunan,
No 126.0002074119

Bank BCA KCP Cilandak KKO I
No 733-0301681
a/n PT Gallus Indonesia Utama

Redaksi menerima artikel yang berkaitan dengan kesehatan hewan dan atau peternakan. Redaksi berhak menyunting artikel sepanjang tidak merubah isinya.
Semua artikel yang dimuat menjadi milik redaksi.
Email artikel Anda ke: majalah.infovet@gmail.com

Jumlah Pengunjung

PT. GITA Group

Followers

Info Agribisnis Klik Di Sini

alterntif text

TRANSLATE

Hafid Wahyu, Pimpin Gapuspindo Periode 2016-2019

On 8:22:00 PM


Hafid Wahyu, Ketua Dewan Gapuspindo 2016-2019.
Hafid Wahyu, pimpinan PT Agri Satwa Jaya Kencana, terpilih sebagai Ketua Dewan Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia (Gapuspindo) masa bhakti 2016-2019, Melalui Musyawarah Nasional (Munas) I Gapuspindo di The 7th Hotel, Bandar Lampung, 16 Februari 2016.
Gapuspindo adalah nama baru bagi Asosiasi Produsen Daging dan Feedlot Indonesia (Apfindo). Perubahan nama telah diputuskan pada Munas Luar Biasa (Munaslub) Apfindo yang berlangsung 5 Nopember 2015 di Hotel Santika Premier Bintaro, Tangerang Selatan. Perubahan nama ini didasari oleh perubahan mendasar dari Anggaran Dasar dan Anggara Rumah Tangga dimana anggota organisasi ini tidak hanya pelaku perusahaan penggemukkan (feedlot) sapi melainkan juga peternak sapi lokal yang telah menjalankan kegiatannya sebagai sebuah bisnis.
"Dengan nama Gapuspindo, maka anggotanya tidak hanya feedlot melainkan juga peternak sapi lokal. Ini adalah sesuatu yang sangat positif karena menunjukkan tidak ada lagi sekat antara peternak sapi asal impor dengan sapi lokal. Semuanya memiliki tantangan dan peluang yang sama," ujar Direktur Eksekutif Apfindo/Gapuspindo Joni Liano.
Agenda utama Munas I Gapuspindo adalah pengesahan program kerja dan anggaran, serta pemilihan Dewan Gapuspindo. Berbeda dengan asosiasi peternakan pada umumnya, dimana yang dipilih di Munas adalah Ketua Umum, Munas Gapuspindo memilih 12 orang anggota Dewan Gapuspindo, dimana Dewan ini merupakan perwakilan dari anggota. Selanjutnya Dewan diberi waktu untuk memilih Ketua, Wakil Ketua, Bendahara dan Anggota Dewan. Setelah susunan dewan terbentuk dalam Munas, sidang pleno Munas memberi waktu 30 hari kerja kepada Dewan untuk menunjuk dan menetapkan Direktur Eksekutif. Dalam organisasi Gapuspindo, Direktur Eksekutif adalah pelaksana harian organisasi yang berperan penting dalam menjalankan organisasi.
Suasana Seminar dan Munas Gapuspindo di Lampung, (17/2)
Munas I Gapuspindo ini berlangsung dinamis. Dari agenda yang disepakati berlangsung pukul 14.00-18.00, dalam pelaksanaannya mengalami perpanjangan waktu hingga pukul 22.00. Perpanjangan waktu ini karena ada beberapa agenda yang membutuhkan waktu diskusi yang cukup lama, yaitu laporan pertanggungjawaban Kordinator Dewan Apfindo, pemilihan Majelis Pimpinan Munas dan pemilihan Dewan Gapuspindo.
Pada saat pembahasan tata tertib, terjadi usulan agar pertanggungjawaban Koordinator Dewan Apfindo dilakukan di forum yang berbeda karena Apfindo sudah berubah menjadi Gapuspindo. Hasil dari diskusi ini, disepakati agenda pertama adalah pertanggungjawaban Koordinator Dewan Apfindo masa bhakti 2012-2015 Endro Susilo. Setelah pertanggungjawaban selesai, baru dimulai pemilihan Majelis Pimpinan Munas dan dilanjutkan agenda Munas berupa pengesahan program kerja dan pemilihan Dewan Gapuspindo.
Sidang pertama dipimpin oleh Ketua Pengarah Munas Yudhi Guntara Noor, pelaku bisnis feedlot yang juga mantan Ketua Umum Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI). Selanjutnya dilakukan pemilihan Majelis Pimpinan Munas yang jumlahnya 5 orang sesuai tata tertib. Pemilihan 5 orang Majelis Pimpinan Munas dilakukan melalui pemungutan suara.
Pada menjelang maghrib terpilih Majelis Pimpinan Munas yaitu Didiek Poerwanto, Gin Gin Ginanjar, William Bulo, EM. Syairi dan Juan Permata Adoe. Didiek yang juga Ketua Panitia Munas memimpin sidang pleno hingga acara utama Munas selesai.

Foto bersama Dewan Gapuspindo dengan Dirjen PKH Muladno usai acara pelantikan.
Pelantikan oleh Dirjen PKH
Sekitar pukul 20.00 dimulai pemilihan Dewan Gapuspindo, dimana setiap peserta Munas yang memiliki hak suara memilih 12 orang calon anggota Dewan Gapuspindo dari 25 kandidat dewan. Pemilihan ini berlangsung hingga pukul 21.30 hingga terbentuk susunan dewan sebagai berikut:

No.
Jabatan 
Nama 
Asal Perusahaan
01.
Ketua 
Hafid Wahyu 
PT. Agri Satwa Jaya Kencana
02.
Wk. Ketua
Didiek Purwanto
PT. Karunia Alam Sentosa Abadi
03.
Bendahara
Dudi Eko Setiawan
PT. Eldira Fauna Asahan
04.
Anggota
Achmad
PT. Kadila Lestari Jaya
05.
Anggota
Budi Satria Adoe
PT. Bina Mentari Tunggal
06.
Anggota
Dicky A. Adiwoso
PT. Juang Jaya Abdi Alam
07.
Anggota
Endro Susilo
PT. Elders Indonesia
08.
Anggota
Gin Gin Ginanjar
PT. Citra Agro Buana Semesta
09.
Anggota
Handi Tanusaputra
PT. Andini Karya Makmur
10.
Anggota
Iguh ND Pribadi
PT. Sukses Ganda Lestari
11.
Anggota
Jodi Koesmendro
PT. Rumpinary Agro Industry
12.
Anggota
Toni Mardianto
PT. Lembu Andalas Langkat

Anggota Gapuspindo mengunjungi peternakan sapi potong lokal
milik Haji Mat Aji di Ds. Adi Jaya, Kec. Terbanggi Besar Lampung Tengah.
Seminar dan Field Trip 
Rangkaian acara Munas dimulai sejak awal Februari antara lain berupa lomba melukis siswa SD dengan tema peternakan sapi, lomba asah trampil kelompok peternak di Lampung serta beberapa kegiatan pendukung lainnya. Munas dilanjutkan seminar nasional dengan tema meningkatkan produktivitas agribisnis sapi potong yang berdaya saing dan berkelanjutan di era global yang berlangsung 17 Februari di tempat yang sama.
Seminar menghadirkan pembicara Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Muladno, Deputy Pangan dan Pertanian Kemenko Perekonomian Musdhalifah Machmud, dan pakar ekonomi Bustanul Arifin. Seminar diikuti oleh sekitar 300 orang dari berbagai lembaga pemerintah maupun swasta termasuk pimpinan asosiasi bidang peternakan, pimpinan perguruan tinggi, anggota Gapuspindo, para peternak binaan Gapuspindo.  Acara seminar ini diawali dengan pelantikan pengurus Gapuspindo oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Kunjungan ke feedlot PT KASA dengan kapasitas 10.000 ekor. 
Sebagai penutup rangkaian Munas, tanggal 18 Februari peserta Munas diajak melakukan kunjungan ke peternakan sapi potong yaitu peternakan Haji Mat Aji di Desa Adi Jaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Lampung Tengah dan Feedlot PT KASA (Karunia Alam Sentosa Abadi). Peternakan Mat Aji adalah peternakan sapi lokal yang sukses hingga populasinya mencapai 1.000 ekor, sedangkan PT KASA adalah feedlot modern dengan kapasitas sekitar 10.000 ekor. (Bams)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 komentar

dimana alamat kesekretariatan/kantor gapuspindo?

Alamat sekretariat Gapuspindo di Ruko Grand Pasar Minggu No. 88L Lt. 2 Jl. Raya Rawa Bambu, Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520. Telp. 021-78833001 Fax. 78833004.

Terimakasih atas info yang disampaikan. Jika saya ingin meminta data feedlot yg masih aktif, gmn y caranya? apakah bisa jika dikirim ke email sya terkait data tersebut (ulinuhazamzam@yahoo.co.id)
Terimakasih.

Artikel Populer