Wednesday, December 2, 2009

MIPI Gelar Seminar Perunggasan Hadapi Krisis Global

Masyarakat Ilmu Perunggasan Indonesia (MIPI) menggelar seminar bertajuk “Strategi Usaha Perunggasan dalam Menghadapi Krisis Global” pada Senin, 26 Oktober 2009 di Bogor. Acara yang dihadiri lebih dari 100 orang dari kalangan mahasiswa pasca sarjana, Dinas Peternakan, peneliti, perusahaan dan ketua-ketua asosiasi bidang peternakan.

Seminar menghadirkan pembicara Prof Dr Peni S Hardjosworo (Guru Besar Fapet IPB) yang mengulas tentang Unggas dan Perunggasan di Indonesia. Kemudian dilanjutkan pemaparan Anwar Sunari Kasubdit Peternakan, Direktorat Pangan dan Pertanian BAPPENAS yang menjelaskan tentang Perunggasan dalam Konteks Perencanaan Pembangunan Nasional.

Tak kalah menarik pemaparan dari Dr Ir Arief Daryanto MEc (Direktur MB-IPB) yang mempresentasikan Poultry Industry Outlook 5 Tahun ke Depan. Dari pihak peternak juga ikut ambil bagian yang diwakili oleh Ir Tri Hardiyanto (GOPAN) dengan makalahnya berjudul Kiat Menghadapi Krisis dan Seluk Beluk Usaha Perunggasan. Pembicara terakhir dari pemerintah DKI yaitu Drh Edy Setiarto MS Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta yang menjelaskan Kebijakan Perunggasan DKI Mulai 2010 dan Dampak Penerapannya.

Seminar yang dimoderatori Dr Desianto B Utomo (Ketua MIPI) berlangsung penuh dinamis dilihat dari banyaknya pertanyaan diskusi yang disampaikan peserta. Sementara berturut-turut Dr Drh I Wayan T Wibawan MS (Dekan FKH IPB), Dr Ir Luki Abdullah MSc Agr (Dekan Fapet IPB), dan Ir Sucipto MM (Agrobased Group Corporate Bank Mandiri) hadir sebagai pembahas.
Seminar ini terselenggara atas kerjasama MIPI, Poultry Promo dan perusahaan sponsor. Hasil dari seminar ini akan menjadi masukan bagi pemerintah untuk menentukan arah kebijakan perunggasan ke depan ditengah himpitan krisis global. (wan)

0 komentar:

Post a Comment

 
Infovet Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template