Wednesday, November 26, 2008

ESENSI KUADRAT


ESENSI KUADRAT

Orang bilang sejarah hanya terjadi sekali dan tak terulang lagi, namun ada yang bilang sejarah itu selalu berulang; ada pula yang bilang sejarah bergerak seperti bandul jam, ada pula yang bilang sejarah akan berulang dengan pengkuadratan esensi.

Apa yang tim kerja Infovet lakukan kunjungan ke beberapa perusahaan di Jakarta, menuju dalam perjalanan kunjungan Bandung ke dua perusahaan di sana bertemu dengan para pemimpin perusahaannya, lalu ke satu perusahaan di Bandung lain waktu, lalu dua hari kemudian ke Bogor bertemu dengan para mahasiswa dan dosen yang membicarakan polemik impor daging sapi dari brazil: semua mirip dan agak samar-samar merupakan pengulangan peristiwa beberapa kejadian yang sama pada masa-masa sebelumnya.

Mungkin karena memang tuntutan dan ritme kerja tim Infovet seperti itu, mungkin pula masalah kita suka menyederhanakan kesamaan-kesamaan; namun terkait dengan tugas-tugas Tim Infovet, memang begitulah polanya. Lalu dari perbincangan dengan narasumber maka Infovet menuliskannya untuk Anda semua, dilengkapi dengan berbagai referensi dan mengolah data dengan daya kritis redaksi. Sebagai contoh dalam meliput dan melaporkan tarik menarik kepentingan antara perusahaan pro impor daging sapi dari Brazil dengan berbagai masyarakat lain yang menolak. Bagi kami jelas dalam posisi netral sehingga sedapat mungkin menilai dan menuliskannya seobyektif mungkin.

Demikian juga obyektivitas kami terapkan dalam menerapkan berbagai wawancara dengan berbagai narasumber lain. Seperti kenyataan ada kesamaan-kesamaan memori dengan apa yang sudah kami lakukan dalam tugas-tugas kami, maka hal ini pun perwujudan dari konsistensi kami bersikap mengamati perkembangan yang terjadi. Barangkali muncul paradoks-paradoks dalam suatu penulisan, sebagaimana berjalannya suatu diskusi atau dialog. Hal ini tidak mengaburkan esensi suatu sikap bila kita menarik pandangan pada wilayah lebih luas dan dari jarak tertentu. Hal ini memungkinkan munculnya tulisan-tulisan baru terkait dengan tulisan sebelumnya.

Sebagaimana cita-cita yang secara signifikan terkait semua orang punya cita-cita, sedari kecil dapat berubah sesuai dengan perkembangan usia; dalam hal ini semakin memantapkan cita-cita bersama yang telah dibahas dan digodok untuk terus berkembang dengan visi dan misi awal tetap sama sampai kondisi terkini namun mungkin dengan pendekatan aksi yang berbeda guna berbuahnya pengkuadratan esensi, makna, sekaligus isi Majalah Infovet kesayangan kita.

Selamat membaca! Sukses bagi kita di Tahun 2008 ini dan siap menyongsong tahun baru nanti. (Yonathan Rahardjo)

0 komentar:

Post a Comment

 
Infovet Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template