Thursday, August 16, 2007

Infovet 154, Mei 2007 - KETIKA KITA MEMILIH

Ketika kita memilih bidang peternakan dan kesehatan hewan sebagai penopang utama hidup kita, sadar atau tidak kita mestinya sudah tahu konsekuensi-konsekuensinya. Dan, seiring berjalannya waktu, konsekuensi-konsekuensi itu pun kita jalani dengan penuh konsekuen dan konsisten.Yakinlah, hanya orang-orang yang punya sikap hidup begini yang akhirnya cukses dan mencapai puncak-puncak kerajaan peternakan dan kesehatan hewan.

Kerajaan? Ya, di tengah hiruk-pikuk berbagai bidang kehidupan dengan beragam profesi, pekerjaan dan kepentingan yang dengan mudah bersliwera setiap hari bahkan masuk dalam ruiang-ruang pribadi dalam jaman informasi tak kenal dinding pembatas ini, bidang peternakan dan kesehatan hewan jelas merupakan kerjaan, sistem sendiri!

Ketika Anda masuk ke gerai dan restoran makanan cepat saji yang menghidangkan ayam goreng hanya dengan nasi hangat dengan sistem dagang franchise dari luar negeri yang bahkan menghuasai restoran jenis ini, coba perhatikan: di manakah letak kekuasaan terhadap ayam-ayam yang paha, sayap dan dadanya digoreng itu?

Tepat, ada rantai yang membawa ayam itu terhidang di meja saji. Restoran membeli dari pedagang ayam, pedagang ayam mendapat ayam dari peternak. Jelas, konsumen yang melahap daging ayam itu tak tahu menahu soal betapa peliknya perdagangan ayam, peternakan ayam, permintaan dan penawaran, manajamen kesehatan hewan dan peternakan. Yang mereka tahu adalah ayam yang mereka santap lezat, gorengannya renyah, hangat, dagingnya empuk, nasinya pun empuk!

Namun jangan salah sikap. Meski mereka tidak tahu menahu soal produksi di peternakan dan rantai bisnisnya, justru merekalah penentu dari kembang kempisnya bisnis peternakan dan kesehatan hewan. Konsumen sangat rentan dengan berbagai isu. Flu Burung misalnya, sudah menjadi bukti.

Artinya, Anda dan kita yang bergelut di bidang peternakan dan kesehatan hewan memang raja, penguasa dan empunya otoritas bidang ini, namun otoritas Anda tak bakalan langgeng bilamana kepentingan masayarakat bidang lain dan secara umum masyarakat luas tidak diperhatikan.

Ingatlah bahwa dalam pembuatan peternakan pun kita butuh tukang, pedagang dan perusahaan kayu. Juga butuh tukang bangunan. Juga butuh tukang sapu, Juga butuh PLN yang memonopoli perlistrikan. Kaum peterbnakan dan kesehatan hewan juga butuh tenaga administrasi, praktisi dan ahli keuangan. Bahkan untuk hal yang sama sekali tidak pernah kita bicarakan, kaum peternakan dan kesehatan hewan butuh baju, kain, pedagang kain, pabrik kain, bahkan petani kapas bahan kain!

Anda, pelaku bisnis kesehatan hewan dan peternakan memang raja di wilayah ini. Anda sudah memilih bidang ini melalui berbagai cara. Entah Anda masuk kuliah fakultas peternakan atau kedokteran sebagai pilihan pertama dalam ujian masuk, atau pilihan kedua. Atau Anda menekuni bidang ini setelah lulus, sementara Anda berlatar belakang fakultas lain. Mungkin Anda anak peternak dan melanjutkan bisnis orang tua. Atau Anda justru konglomerat bidang yang tak ada hubungannya sama sekali dengan bidang peternakan dan kesehatan hewan, lalu Anda punya naluri bisnis kuat yang membawa Anda menanamkan modal di bisang ini dan Anda menjadi Raksasa bidang ini,dengan memperkerjakan sarjana dan ahli peternakan maupun ahli kesehatan hewan.

Jelas, Anda sudah memilih. Kita sudah memilih. Sadar sesadar-sadarnya bahwa bangsa ini masih membutuhkan protein hewani, dan selamanya masih butuh selama hidup. Masa angka konsumsinya cuma 4,03 kilogram per kapita per tahun. Perbanyaklah, bagikan berkat makananm enak ini bagi bangsamu yang lebih suka merokok daripada makan telur dan daging.Tentu Anda, kaum peternakan dan kesehatan hewan punya iman semacam ini.

Bahkan di bisnis obat hewan, punya keyakinan, pemenuhan obat hewan tak akan pernah turun, meski faktor lain di peternakan naik turun. Namun tetap juga bisnis obat hewan butuh bidang-bidang pakan ternak, dan lain-lainnya untuk terus maju dan berkembang.

Kepercayaan diri ini sangat sesuai realita, di mana ada suatu bidang kehidupan tumbuh, pastilah akan tumbuh bidang-bidang lainnya, di sekitarnya, saling membutuhkan, memenuhi kebutuhan-kebutuhannya baik secara langsung maupun tidak langsung.

Bahkan tentang informasi terkait bidang kesehatan hewan dan peternakan pun kita tahu pasti, sangat penting kehadirannya.Maka untuk itulah Infovet hadir mengawal informasi bidang peternakan dan kesehatan hewan dan telah setia, konsisten dan konsekusen dengan panggilan dan profesinya selama 15 tahun. Berkat kita saling kerjasama dan membutuhkan dan berbagai peran, maka semua itu makin membuat kita sadar, bidang yang merupakan kerajaan kita ini adalah pilihan yang serius, dan kita akan terus setia untuk memajukannya.

Terimakasih atas kerjasama kita yang akan terus berkembang di masa selanjutnya! Sukses untuk kita semua! (Yonathan Rahardjo)

0 komentar:

Post a Comment

 
Infovet Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template