Thursday, August 16, 2007

Infovet 152, Maret 2007 - JALAN TERANG YANG KITA PILIH

Adam Air (sampai tulisan ini dibuat) black box-nya masih terus dicari. Juga sampai tulisan ini dibuat, Senopati separuh penumpangnya masih belum ditemui. Kereta Api Bengawan bangkainya masih berserak di jurang makan hati. Pada kerusuhan Poso, penerjunan tentara dan polisi masih diharap membuat kasus teratasi. Pada kerusuhan Banyuwangi, bupati dan kyai masih dicoba dimoderasi.

Langsung atau tidak hal itu berpengaruh pada kerja kaum peternakan dan kesehatan hewan. Dalam kerja. Dalam karya. Mungkin di antara korban raibnya Adam Air adalah keluarga kaum ini. Mungkin di antara korban Senopati adalah sanak kaum ini. Mungkin di antara korban Bengawan adalah famili kaum ini. Mungkin di antara semua musibah, kaum peternakan dan kesehatan hewan punya derita langsung tubuh, jiwa dan hati.

Kita pun berduka. Kita pun tunduk kepala. Kita pun bela sungkawa. Dan Kita pun makin berduka. Kala Flu Burung yang (sampai tulisan ini dibuat) karena dianggap mematikan orang penumpasan unggas masih terus mendera. Mengikuti kasus demi kasus yang telah membuat luka nganga.

Semua telah terjadi. Semua telah makan hati. Semua telah membuat luka makin nganga. Apa boleh buat. Semua telah terjadi. Dan dalam hidup kita mesti bangkit.Dan selalu bangkit lagi. Bukankah masih ada harap dalam pekat. Bukankah masih ada asa dalam derita. Bukankah masih ada iman dalam ketakutan.

Bukan saatnya saling salahkan. Bukan saatnya saling banggakan. Ini adalah saatnya saling bergandeng tangan. Ayo kita tegakkan kepala. Ayo kita bangkitkan jiwa. Segala penyakit pasti ada obatnya. Segala derita pasti ada maknanya. Segala lara pasti ada pelipurnya.

Bukankah pengalaman serupa pada masa silam kita sudah punya. Bukankah penyakit-penyakit yang dulu tak dikenal, kini kita telah punya penangkalnya. Bukankah suka duka masa lampau kita telah atasi bersama.

Pasti sekarang juga, kita tak akan terus kecewa. Pandang ke depan. Maju dengan gagah. Gunakan segenap perlengkapan senjata. Yakin dan Imani. Kitalah pemenang masalah ini.

(Yonathan Rahardjo)

0 komentar:

Post a Comment

 
Infovet Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template