Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini PENYUSUNAN RANSUM PRESTARTER & STARTER TERNAK BABI | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

PENYUSUNAN RANSUM PRESTARTER & STARTER TERNAK BABI

Berikut ringkasan tema yang dibawakan oleh Dr Ir Sangley Randa, MSc. Pada webinar Campus Online AMI (Asosiasi Monogastrik Indonesia) "Training Formulasi Ransum Babi Batch 1", yang diadakan via Zoom pada Selasa, 16 Maret 2021. Webinar ini didukung oleh USSEC, Boehringer Ingelheim, PT Gallus Indonesia Utama, Gita Organizer, dan Majalah Infovet.

Periode/fase pertumbuhan ternak babi:

  • Prestarter: 5-10 kg.
  • Starter: 10-20 kg.
  • Grower: 20-35 kg.
  • Finisher: 60-100 kg.

Ternak babi prestarter adalah kelompok atau kategori ternak babi yang berada dalam masa menyusui, atau disebut juga pra-sapih (persiapan untuk disapih). Umur 2-6 minggu (30-50 hari).

Ternak babi starter adalah kelompok atau kategori anak babi yang sudah disapih (weaned piglet). Umur 8-100 minggu.

Pertumbuhan maksimal adalah tujuan utama bagi pemeliharaan anak babi (piglets). Seringkali dalam usaha komersil, pertumbuhan maksimal merupakan hal yang paling sulit dicapai, disebabkan oleh beberapa faktor yaitu terbatasnya ketersediaan susu bagi anak-anak babi yang baru lahir. Lalu penyapihan dini seringkali memicu adanya stress pada ternak, kapasitas usus membatasi penyerapan nutrisi pada anak-anak babi lepas sapih, dan faktor-faktor lain yang menimbulkan kondisi “stress” yang berdampak pada laju potensi pertumbuhan.

Dalam penyediaan makanan/penyusunan ransum (anak babi), dipengaruhi oleh setidak-tidaknya 3 faktor utama. Pertama fisiologis pencernaan, menentukan sifat dan bentuk bahan makanan. Kedua, kebutuhan zat-zat makanan, menentukan jenis dan jumlah bahan makanan. Ketiga, status/umur pertumbuhan, menentukan bentuk dan jumlah ransum yang diberikan.

Sejalan dengan bertambahnya umur ternak, aktivitas enzim semakin meningkat untuk mencerna pati (karbohidrat), lemak dan protein. Ini yang membuat pentingnya perhatian bagi penyediaan pakan untuk anak-anak babi.

Kebutuhan Nutrisi Ternak babi pre-starter

Berdasarkan SNI 01-3911-2006, persyaratan mutu pakan bagi ketersediaan nutrisi bagi ternak babi prestarter sbb:

Kebutuhan Nutrisi Ternak babi starter

Berdasarkan SNI 01-3912-2006, persyaratan mutu pakan bagi ketersediaan nutrisi bagi ternak babi starter (sapihan) sbb:

Materi selengkapnya bisa diunduh disini.


Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer