Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini ASOHI JATENG SELENGGARAKAN SEMINAR ANTISIPASI PENYEBARAN VIRUS ASF | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

ASOHI JATENG SELENGGARAKAN SEMINAR ANTISIPASI PENYEBARAN VIRUS ASF


         
Seminar ASF yang digelar ASOHI Jateng ramai peserta (Foto: Dok. ASOHI Jateng)



Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI) Jawa Tengah (Jateng), pekan lalu menyelenggarakan Seminar Strategi Antisipasi Penyebaran Virus African Swine Fever (ASF) di Studio Dreamlight World Media, Semarang. 

Kendati belum terindikasi adanya virus ASF di Indonesia, tapi penyakit eksotik pada babi ini telah penyebabkan keresahan para peternak di Jateng.

"Karena apapun, Jateng salah satu penyangga kebutuhan daging babi untuk provinsi yang lain. Maka posisi ini harus dipertahankan untuk kesejahteraan warga di Jateng,"

Hal tersebut diutarakan Drh Abdullah, Kabid Veteriner Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Jateng.

Pada seminar yang diadakan ASOHI Jateng dengan Dreamlight World Media dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) ini, Abdullah menandaskan harus ada kesamaan persepsi dan pola pandang bagaimana mengantisipasi agar ASF tidak masuk ke Jateng.

"Jateng memiliki 10 pos lalulintas ternak yang memeriksa semua ternak, termasuk babi. Kami khawatir jika kendaraan pengangkut ternak ini tidak melalui jalur yang umum. Misalnya jika lewat jalan tol saja, sudah tidak terpantau. Maka dinas akan memperketat izin pengangkutan ternaknya di kabupaten/kota," terangnya. 

Untuk antisipasi ASF, maka dilakukan biosekuriti, yaitu melalui isolasi/pemisahan, sanitasi, pengandalian lalulintas, pengendalian hama, dan pembuangan bangkai babi. Virus ASF pertamakali ditemukan di Kenya, Afrika pada 1921 dan belum ada obat maupun vaksinnya. (Sumber: www.suaramerdeka.com/INF) 


Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer