Alltech

Alltech

Boehringer Ingelheim

Boehringer Ingelheim

Amlan

Amlan

SCAN APLIKASI ANDROID

SCAN APLIKASI ANDROID

EDISI SEPTEMBER 2019

EDISI  SEPTEMBER 2019

EDISI KHUSUS ILDEX 2019

EDISI KHUSUS ILDEX 2019

Susunan Redaksi

Pemimpin Umum/Redaksi
Ir. Bambang Suharno
Wakil Pemimpin Umum/Usaha
Drh. Rakhmat Nuriyanto MBA
Redaktur Pelaksana
Ir. Darmanung Siswantoro
Koordinator Peliputan
Ridwan Bayu Seto
Nunung Dwi Verawati

Redaksi
Wawan Kurniawan, SPt, (Jabodetabek)
Drh Untung Satriyo (Jogja & Jateng)
Drh. Yonathan Rahardjo (Jatim)
Drh. Masdjoko Rudyanto (Bali)
Drh Heru Rachmadi (NTB)
Sadarman S.Pt (Riau)
Drh. Sry Deniati (Sulsel)
Drh. Joko Susilo (Lampung)
Drh. Putut Pantoyo (Sumatera Selatan)

Kontributor
Prof. Dr. Drh. Charles Rangga Tabbu,
Drh. Dedy Kusmanagandi, MM,
Gani Haryanto,
Drh. Ketut T. Sukata, MBA,
Drs. Tony Unandar MS.
Prof. Dr. Drh. CA Nidom MS.

Kabag Produksi & Sirkulasi
M. Farur Rozi

Staf Produksi & Sirkulasi
M. Sofyan, Achmad Febriyanto, Rizky Yunandi

Administrasi:
Nur Aidah,

Keuangan:
Eka Safitri
Achmad Kohar

Pemasaran

Anang Sam, CHt.


Alamat Redaksi:
Ruko Grand Pasar Minggu
Jl. Raya Rawa Bambu No. 88A
Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520
Telp: (021) 7829689, 78841279, Fax: 7820408
e-mail:
Redaksi : majalah.infovet@gmail.com
Pemasaran : marketing.infovet@gmail.com

Rekening
Bank MANDIRI Cab Ragunan,
No 126.0002074119

Bank BCA KCP Cilandak KKO I
No 733-0301681
a/n PT Gallus Indonesia Utama

Redaksi menerima artikel yang berkaitan dengan kesehatan hewan dan atau peternakan. Redaksi berhak menyunting artikel sepanjang tidak merubah isinya.
Semua artikel yang dimuat menjadi milik redaksi.
Email artikel Anda ke: majalah.infovet@gmail.com

Jumlah Pengunjung

PT. GITA Group

Followers

Info Agribisnis Klik Di Sini

alterntif text

TRANSLATE

NOVOGEN LAYER CLASS, HADIRKAN STRAIN AYAM PETELUR FLEKSIBEL

On May 13, 2019

Peserta Novogen Layer Class (Foto: Infovet/NDV)

Membahanakan slogan “The Most Flexible Layers”, Novogen hadir di Indonesia berbeda dengan lainnya. Melalui acara Novogen Layer Class yang digelar pada Selasa (26/2/2019) di IPB International Convention Center, Bogor, Novogen Indonesia ingin berbagi pengetahuan dan informasi terkini kepada peternak serta pelaku industri perunggasan.       

“Novogen terhitung baru 8 tahun di Indonesia, namun sudah sangat cepat dikenal oleh banyak kalangan insan perunggasan. Kami menawarkan strain ayam petelur yang paling fleksibel dengan kemampuan adaptasi dengan baik,” terang Country Manager Novogen Indonesia, Paulus Sukartono.

Dalam kata sambutannya, Paulus juga mengemukakan bahwa seleksi genetik hanya berdasarkan pada produktivitas dengan melupakan kemampuan beradaptasi, potensi genetik tersebut tidak bisa tampil. 

“Keungggulan strain Novogen, kami tawarkan yang akan memberikan solusi kepada peternak secara genetik sehingga ayam kami dengan satu strain satu varian dapat dipelihara di segala tempat. Bicara Novogen yang ada di Indonesia, Eropa, Amerika, Asia, Afrika semua sama hanya 1 varian,” urainya.

Paulus menambahkan, Novogen berkomitmen berupaya secara genetik menciptakan ayam yang kalem (tenang), tahan tekanan lingkungan, tahan sistem pemeliharaan, sekaligus memperlihatkan peningkatan nafsu makan yang lebih baik.

Acara Novogen Layer Class sesi pertama menghadirkan Nutritionist of Novogen France, Antoine Le Calve. Sepanjang acara berlangsung, Prof Dr Ir Budi Tangendjaja MS MApp Sc didaulat menjadi moderator.

Antoine dihadapan para peserta menjelaskan topik “Feed News 2019” secara lengkap dan akurat. Tahun 2019 saat ini, yang terjadi pada industri ayam petelur dikaitkan dengan adanya pelarangan penggunaan antibiotik di beberapa negara.

“Ada banyak desakan konsumen, perusahaan maupun restoran-restoran yang menginginkan produk atau makanan berbahan baku daging ayam bebas antibotik. Selain itu, di Eropa juga berkembang agar petani peternak meninggalkan sistem perkandangan dalam sangkar, jadi ayam diumbar atau free range,” urai Antoine.

Masa pemeliharaan ayam, dikatakan Antoine di Eropa juga terjadi perubahan, bahwa diperpanjang selama 80 hingga 95 minggu bahkan ada rekomendasi 100 minggu. Hasil-hasil memperlihatkan bahwa angka berat telur semakin besar, kerabang semakin membaik, serta perkiraan ekonomi yang lebih baik dari biaya produksi.

Nutrisi untuk hewan di Eropa juga telah berkembang dengan dimanfaatkannya insect meal sebagai sumber protein. Kendati FAO telah memperkenalkan insect meal ini, namun belum rujukan untuk dicampurkan ke dalam pakan ayam. Sementara, inset meal hanya digunakan untuk pakan ikan (aquaculture).

Lebih lanjut Antoine juga menekankan bahwa saat ini genetik ayam paling dicari adalah yang mudah beradaptasi dengan lingkungan, seperti beradaptasi ketika dipelihara baik itu di kandang (cage), colony cage, maupun diumbar. 

“Ayam yang mudah adaptasi dengan lingkungan berpengaruh pada mudahnya mengonsumsi pakan. Secara otomatis, ayam memiliki kesehatan prima karena saluran pencernaannya baik dalam menyerap nutrisi,” tukas Antoine.   

Daya Tetas 

Stephan Hemon, Hatchery Specialist of Novogen sebagai pemateri kedua mengungkapkan bahwa kunci kualitas DOC salah satunya pada faktor penetasan. “Selain parent stock, kualitas DOC ditentukan oleh daya tetas,” kata Stephan.

Teknologi memegang peranan penting dalam kemajuan di hatchery. Stephan memaparkan bahwa sebagian besar industri menganjurkan penggunaan mesin tetas Single-stage karena lebih mempunyai keunggulan dibandingkan dengan Multi-stage.

Mesin tetas Single-stage memiliki keunggulan yakni biosekuriti dan sanitasi yang lebih baik. Lebih dari itu, ketepatan kontrol temperatur dan CO2 merupakan keuntungan besar di dalam hatchery di samping efisiensi tenaga kerja. Selain itu, mempengaruhi performa penetasan yang bagus.

Kilas Balik Novogen di Indonesia 

Topik “Kilas Balik Novogen di Indonesia” dipaparkan Public Relation Manager PT Wonokoyo Jaya Corporindo, Drh Heri Setiawan. Dalam presentasinya, Heri menerangkan dua perilaku ayam yakni giras (liar) dan kalem (tenang). 

“Ayam yang tenang diketahui cepat beradaptasi tahan terhadap stres, dan punya konsumsi pakan lebih baik,” katanya.

Hadir dengan strain ayam petelur unggul untuk daerah tropis, salah satu produk Novogen, Heri menyebutkan Novogen Brown mempunyai banyak keunggulan. Antara lain, berperilaku tenang (tidak kanibal), mudah dipelihara baik masa brooding kemudian pertumbuhan maupun produksi.
Novogen Brown juga mempunyai daya hidup yang tinggi, daya adaptasi terhadap panas serta kelembaban dan sistem pemeliharaan yang tinggi.

“Secara resmi, Novogen memasuki Indonesia pada tahun 2012 dengan menggandeng PT Wonokoyo sebagai partner dan distributor tunggal,” sambung Country Manager Novogen Indonesia menyusul presentasi di sesi keempat.

Novogen menawarkan alternatif baru dalam hal penyediaan bibit ayam petelur yang unggul. Perusahaan yang berhasil memasok bibit ayam di sejumlah negara besar ini telah memberikan bukti bahwa produk mereka memiliki banyak keunggulan-keunggulan.

Keunggulan produk Novogen lainnya yaitu telur yang dihasilkan mempunyai warna kerabang yang bagus serta kekuatan kerabang yang tinggi sehingga telur tidak mudah retak. Selain itu, strain ini mampu menghasilkan telur dengan banyak pilihan warna, mulai dari cokelat, putih dan kekuningan. Nilai FCR ayam Novogen juga rendah serta kemampuan menghasilkan telur per tahunnya lebih banyak. (Adv/NDV)

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Artikel Populer