Tuesday, January 26, 2016

WASPADAI AI DENGAN WAJAH BARUNYA

Medion kembali menggelar Road Show dengan tema “AI Dengan Wajah Barunya”. Rangkaian Road Show tersebut dilaksanakan di Tasikmalaya, Tangerang, Semarang, Madiun, Solo, dan Yogyakarta. Seminar ini diikuti lebih dari 75 peserta yang berasal dari kalangan pemilik peternakan, istri pemilik, anak pemilik, manager farm dan PPL (petugas penyuluh lapangan) pada setiap pelaksanaannya.
Acara yang berlangsung dengan penuh suasana keakraban tersebut diselenggarakan pada 27 Oktober - 27 November 2015. Tujuan dari diselenggarakannya Road Show ini adalah untuk meningkatkan image dan kepercayaan Medion di mata customer.

Suasana roadshow seminar Medion di BSD Tangerang, Senin (24/11/2015) 

Bertindak sebagai pembicara Research & Development Head Melina Jonas, MSc. MBA, Regional Manager drh. Witarso, Technical Support Manager drh. Ch. Lilis, dan Regional Manager drh. Suwadi, mengulas seputar perkembangan AI terkini. Sementara Animal Health Consultant - Livestock Nutrition Assistant Manager Hindro Setyawan, S.Pt, dan District Assistant Manager drh. Amir membawakan materi tentang Mikotosin dan penanggulangannya. Selain itu, dibahas pula mengenai bau amonia pada kandang yang dibawakan oleh Suwadi dan Nursamat, S.Pt, District Assistant Manager PT. Medion.
Diangkatnya topik penyakit AI sebagai pembahasan utama adalah karena virus AI mudah bermutasi dalam waktu singkat. Sejak kemunculan virus AI clade 2.3 diakhir 2012, pada pertengahan 2015 mulai tampak tanda-tanda mutasi virus AI. Menurut Melina Jonas, saat ini telah terjadi perubahan virus AI di lapangan yaitu virus AI clade 2.1.3 membentuk 2 sub grup baru dan virus AI clade 2.3.2 membentuk 8 sub grup baru.
Hal tersebut dibenarkan oleh drh Witarso, seraya menambahkan bahwa perlu ditinjau ulang kesesuaian virus AI di lapangan dengan virus vaksin yang digunakan selama ini. Lilis juga menekankan bahwa usaha terbaik dalam mengendalikan penyakit AI ialah mengkombinasikan antara tindakan vaksinasi yang tepat dengan penerapan biosekuriti yang ketat.
Pada sesi berikutnya, Hindro memaparkan soal kasus Mikotoksin yang selalu mengkontaminasi bahan baku dan pakan. “Kerugian akibat serangan mikotoksin ini bisa menurunkan produktivitas, baik produksi telur maupun bobot badan. Selain itu, kerugian yang sering terlupakan adalah bersifat immunosupresif atau menekan sistem kekebalan dan pertahanan tubuh. Sehingga saat ada mikotoksin, respon vaksinasi maupun pengobatan menjadi kurang optimal,” terang Hindro.
“Untuk mengatasi mikotoksin ini Medion menghadirkan produk Freetox®, yang mampumengikat kuat aflatoksin dan mikotoksin lainnya. Jika mikotoksin bisa diatasi, maka program vaksinasi dan pengobatan lainnya akan semakin optimal,” tambah Hindro.

Semakin lengkap, Road Show dilanjutkan dengan menghadirkan topik bau amonia pada kandang. Suwadi dan Nursamat mengungkapkan bahwa permasalahan bau kandang tidak hanya mengganggu lingkungan, juga dapat menyebabkan penyakit pernapasan. Untuk itu, Medion memperkenalkan Ammotrol® yaitu produk yang terbuat dari ekstrak herbal dan efektif mengurangi bau amonia. Peserta mengaku puas dengan penyelenggaraan Road Show Medion ini, seraya berharap acara serupa bisa diadakan lebih sering. (adv/wan)

0 komentar:

Post a Comment

 
Infovet Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template