Thursday, August 16, 2007

Infovet 140, Maret 2006 - DARI SOLUSI KE SOLUSI

Jalan keluar dari setiap permasalahan akan membedakan satu masalah dengan problem yang menyilih rupa menjadi labirin tanpa jalan keluar. Solusi akan muncul untuk membantu menyelesaikan kemelut yang dibombardir dengan hambatan dan tantangan yang seolah-olah menutup arus penyelesaian problematika.

Namun semua sadar, masalah akan selalu muncul. Maka tepat dikata dari suatu solusi akan selalu diikuti solusi berikutnya.
Solusi untuk peternakan sehat? Kita papar dulu masalah-masalahnya. Kita cari akarnya. Kita buat percabangan problem untuk dibuat percabangan solusi.

Solusi gangguan, hambatan pertumbuhan ayam yang kerap muncul pada musim penghujan? Kita bedah masalahnya, pada musim penghujan banyak muncul jamur pada pakan, penyebab mikotoksikosis, salah satu faktor penting untuk memunculkan Sindrom Kekerdilan. Faktor yang lain, genetik (termasuk rekayasa genetika), manajemen, obat-obatan, sanitasi perkandangan dan faktor-faktor lain? Jelas, pasti ada solusinya, solusi sementara maupun solusi pamungkas!

Solusi gangguan produksi ayam petelur? Jangan khawatir, kalau masalahnya sudah terdeteksi dan ternilai, dipetakan secara jelas dan gamblang, ditambah keberanian bertindak, pasti masalah terpecahkan, solusi didapatkan!

Demikian pula dengan kasus Avian Influenza, formalin, paha ayam impor, impor daging ilegal, ayam tiren, naik turunnya nilai perdagangan ayam dan penyakit hewan yang terdeteksi maupun tak terdeteksi, dan juga budidaya ternak besar, kambing, sapi perah, sapi potong yang menyumbang secara langsung pada pemenuhan kebutuhan daging merah dan susu segar berprotein tinggi, pencipta generasi sehat dan cerdas yang mampu mengatasi permasalahan termasuk membebaskan bangsa ini dari ketergantungan beras impor, produk luar negeri yang mematikan perekonomian bangsa; bangsa cerdas dan berakhlak tinggi yang mampu meyakinkan diri untuk tegar menahan dan membentengi diri dari korupsi yang meruntuhkan sendi-sendi ekonomi. Bangsa macam apalagi?

Ya, bangsa manusia yang mampu membuat solusi terhadap setiap permasalahannya, dari yang paling kecil, sederhana, sampai masalah paling berat. Masalah kesehatan pun, masalah keuangan, masalah sosial, politik, budaya, bahkan hankam. Ya, masalah sesuai bidang dan kapasitas masing-masing. Tak luput, solusi bagi perusahaan media yang dengan setia memberikan yang terbaik buat pembacanya. Di antaranya terdengar sederhana, namun penting untuk kenyamanan pembaca dalam menikmati setiap sajian Informasi dalam lembar-lembar kertas, berpuluh-puluh halaman yang menyatu dalam susunan disebut Majalah.

Nyamannya pembaca membaca huruf-huruf dalam kertas yang tidak menyilaukan mata, terasa sejuk dan tidak membuat mata cepat lelah melahap informasi penting, adalah suatu solusi yang akan sangat membantu dan bermanfaat dan menyehatkan. Solusi sehat untuk mata dan kenyamanan adalah salah satu yang kita pelajari tentang cahaya dan mata. Seperti yang ditunjukkan oleh ayam yang butuh cahaya yang tepat dan secukupnya untuk menggertak hormon Melatonin dalam tubuhnya guna menghasilkan produksi telur yang optimal dan maksimal.

Cahaya mata adalah suatu solusi untuk produksi ayam, sedang kertas menyejukkan mata adalah solusi untuk kenyamanan dalam membaca. Terasa benar, suatu solusi senantiasa disusul dengan solusi. Suatu saat pun akan muncul solusi untuk solusi. Solusi demi solusi bermekaran. (Yonathan Rahardjo)

0 komentar:

Post a Comment

 
Infovet Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template