Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini TENTUKAN SPEKTRUM ANTIBIOTIK SECARA TEPAT | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

TENTUKAN SPEKTRUM ANTIBIOTIK SECARA TEPAT

Umumnya untuk tidak susah-susah melakukan pengobatan tepat yang njelimet, bila terjadi suatu serangan penyakit, peternak atau petugas pelayanan kesehatan hewan melakukan tindakan yang salah kaprah: langsung memberikan pengobatan dengan antibiotik spektrum luas.
Salah kaprah, karena hal itu sebetulnya bukanlah tindakan yang tepat dan dapat beresiko menimbulkan bahaya!
Drh Abadi Soestisna mengungkap kapan kiranya antibiotik spektrum luas patut diberikan. Yaitu: bila perlu, dan sesuai dengan agen infeksi.
Sesuai agen infeksi, artinya bila yang menyerang adalah bakteri gram negatif maka pakailah antibiotik yang hanya bekerja pada bakteri gram negatif.
Atau, bila yang menyerang adalah bakteri gram positif, pakailah antibiotik yang hanya bekerja pada bakteri gram positif.
“Jangan menembak burung bibit dengan meriam, karena yang rusak bisa semuanya!” tegas Drh Abadi Soetisna memberi ilustrasi.
Kenapa orang pada memakai antibiotika spektrum luas (broad spektrum)? Menurut Drh Abadi, hal ini bisa timbul bilamana yang terjadi adalah infeksi gram positif sekaligus gram negatif. Atau, dokter hewannya tidak tahu mendiagnosa, sehingga berprinsip pakai saja antibiotik spektrum luas.
Jelas hal ini sangatlah berbahaya (baca artikel jangan smpai terjadi superinfeksi). Sekali lagi, pilihlah antibiotika berdasar spektrum kerjanya terhadap bakteri secara tepat.

Jangan Salah Spektrum
Penggunaan antibiotika harus disesuaikan dengan jenis bakteri atau kumannya. Karena antibiotika bersifat membunuh semua bakteri dalam tubuh, maka jika tak ada bakteri ‘jahat’ dalam tubuh sebaiknya tidak mengkonsumsinya.
Seorang peneliti dari Harvard University, menemukan bahwa banyak sekali kuman dan bakteri yang hidup di alam semesta ini, tapi hanya kurang dari dua persen saja bakteri yang merugikan.
Untuk mengenali penyebab infeksi, sebaiknya dilakukan pemeriksaan yang akurat melalui beberapa tes, salah satunya tes kultur, dengan mengambil spesimen dari bakteri tersebut kemudian dibiakkan.
Setelah pemeriksaan, akan diketahui jenis bakteri penyebab infeksi misalnya, kuman gram positif contoh methicillin Stphylococcus aureus, atau kuman gram negatif seperti E coli, Pseudomonas sp untuk memberikan antibiotik yang sesuai.
"Tidak ada antibiotik yang dapat membunuh semua kuman gram positif dan kuman gram negatif. Ada beberapa antibiotik yang `kuat’ menghancurkan kuman gram positif namun agak `lemah’ pada kuman gram negatif," ujar farmakolog, dr Yati Harwati Pujiarto, SpAK.
Pemberian antibiotika spektrum luas tanpa indikasi yang tepat dapat mengganggu flora normal usus berupa bakteri gram positif, bakteri gram negatif, kuman anaerob, serta jamur yang digunakan pada proses pencernaan dan penyerapan makanan dalam tubuh.
Bakteri yang ada di dalam tubuh umumnya menguntungkan, misalnya bakteri pada usus yang membantu proses pencernaan dan pembentukan vitamin B dan K.

Kembali Mengenal Bakteri
Bakteri, dari kata Latin bacterium (jamak, bacteria), adalah kelompok raksasa dari organisme hidup. Mereka sangatlah kecil (mikroskopik) dan kebanyakan uniselular (bersel tunggal), dengan struktur sel yang relatif sederhana tanpa nukleus/inti sel, cytoskeleton, dan organel lain seperti mitokondria dan kloroplas.
Struktur sel mereka dijelaskan lebih lanjut dalam artikel mengenai prokariota, karena bakteri merupakan prokariota, untuk membedakan mereka dengan organisme yang memiliki sel lebih kompleks, disebut eukariota.
Istilah "bakteri" telah diterapkan untuk semua prokariota atau untuk kelompok besar mereka, tergantung pada gagasan mengenai hubungan mereka.
Bakteri adalah yang paling berkelimpahan dari semua organisme. Mereka tersebar (berada di mana-mana) di tanah, air, dan sebagai simbiosis dari organisme lain. Banyak patogen merupakan bakteri.
Kebanyakan dari mereka kecil, biasanya hanya berukuran 0,5-5 μm, meski ada jenis dapat menjangkau 0,3 mm dalam diameter (Thiomargarita).
Mereka umumnya memiliki dinding sel, seperti sel hewan dan jamur, tetapi dengan komposisi sangat berbeda (peptidoglikan). Banyak yang bergerak menggunakan flagela, yang berbeda dalam strukturnya dari flagela kelompok lain. (YR)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer