Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini FLPI GELAR PELATIHAN MANAJEMEN DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU RPH RUMINANSIA | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

FLPI GELAR PELATIHAN MANAJEMEN DAN SISTEM PENJAMINAN MUTU RPH RUMINANSIA

Foto bersama narasumber, kepanitiaan, dan peserta pelatihan (Foto: Sadarman/Infovet)


Produk peternakan, seperti daging, susu dan telur sampai kapan pun tetap dibutuhkan manusia. Hal ini dikarenakan ketiga produk peternakan tersebut merupakan pangan yang kaya dengan kandungan nutrien. Nutrien dimaksud adalah protein dengan asam-asam aminonya, serta nutrien lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses tumbuh kembang. Sebagai bahan pangan, ketiga produk tersebut terutama daging, harus dalam kondisi yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH). Untuk mendapatkan daging dengan kriteria dimaksud, maka diperlukan manajemen dan sistem penjaminan mutu, baik di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) ruminansia, maupun di tempat-tempat pemotongan ayam (TPA).

Mengingat pentingnya manajemen dan sistem penjaminan mutu di RPH, Forum Logistik dan Peternakan Indonesia (FLPI), didukung RPH Pramana Pangan Utama, Kementerian Pertanian dan Halal Science Center Institut Pertanian Bogor menyelenggarakan pelatihan dengan tema Manajemen dan Sistem Penjaminan Mutu di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Ruminansia. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari berbagai instansi, baik dari akademisi, pengusaha sapi potong, petugas RPH dan dari Badan Standarisasi Nasional.

Pelatihan FLPI ini diselenggarakan di Ruang Sidang Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga Bogor, Senin 15 Juli 2019 untuk penyampaian materi pelatihan, dan pada tanggal 16 Juli 2019, peserta pelatihan diajak mengunjungi RPH Pramana Pangan Utama yang berlokasi di dalam kampus IPB Dramaga. Kegiatan ini dihadiri oleh pelaksana harian Dekan Fakultas Peternakan IPB, yang membuka secara langsung even tersebut.

Dalam sambutannya, pelaksana harian Dekan Fakultas Peternakan IPB, Prof Dr Ir Sumiati MSc menyebut bahwa FLPI dapat dikatakan organisasi aktif yang dipunyai oleh Fakultas Peternakan IPB. Disebut organisasi aktif karena frekuensi pelaksanaan pelatihan dan kegiatan seminar terkait dengan bidang yang dibawahinya intens dilaksanakan, sehingga banyak sedikitnya dapat mengedukasi insan peternakan Indonesia. “Kegiatan pelatihan dan seminar seharusnya dilakukan secara berkelanjutan, agar ilmu terkait dengan bidang peternakan dari hulu ke hilir itu dapat diperbaharui, atau setidaknya saling mengingatkan,” kata Prof Sumiati.

Pelatihan FLPI 2019 ini menghadirkan 3 narasumber, yakni Dr Ir Henny Nuraini MS, Dosen Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan IPB. Sebagai pembicara pertama, Dr Henny memaparkan materi tentang Good Slaughtering Practices di RPH. Dalam uraian singkatnya, Dr Henny menyebut, penerapan Good Slaughtering Practices di RPH secara totalitas diperlukan, mengingat upaya konsumen untuk mendapatkan pangan ASUH menjadi faktor utama yang harus diperhatikan. “Saat ini, sulit ya mendapatkan pangan yang benar-benar ASUH, solusinya adalah mengedukasi secara berkelanjutan individu-individu yang terlibat secara kangsung dengan RPH, mulai dari saat ternak datang, diinapkan, sampai pada output akhir dari RPH, yakni daging hasil sembelihan yang benar-benar sesuai dengan kriteria ASUH,” kata Dr Henny.

Terkait dengan upaya untuk mendapatkan produk ternak yang ASUH, Dr Henny memaparkan setidaknya ada 7 hal yang perlu diterapkan secara totalitas di RPH, diantaranya 1) ternak harus tidak diperlakukan secara kasar, 2) ternak tidak mengalami stres, 3) penyembelihan dan pengeluaran darah harus secepat dan sesempurna mungkin, 4) kerusakan karkas harus diminimalkan, 5) cara pemotongan harus higienis, 6) ekonomis dan 7) aman bagi para pekerja RPH. Terkait dengan tatacara pemotongan ternak dan penanganan daging ternak pascapemotongan, Dr Henny menyebut bahwa ada dasarnya, yakni Peraturan Menteri Pertanian No. 13/Permentan/OT/140/1/2010. Sementara itu, terkait dengan pangan asal hewan yang harus memenuhi kriteria ASUH, Dr Henny menyebut, ada landasan hukumnya, terutama yang berhubungan langsung dengan pangan, perlindungan konsumen dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet).

Pembicara kedua, drh Syamsul Ma'arif MSi Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kemenerian Pertanian. Syamsul Ma'arif memaparkan hal terkait dengan Sanitasi Higienis dan Sertifikasi Nomor Kontrol Veteriner (NKV). Kebutuhan produk akhir RPH yang higienis sangat diperlukan. Hal ini mengingat dampaknya pada konsumen yang mengonsumsi daging yang dihasilkan oleh RPH. “Daging itu adalah bahan pangan yang rentan rusak dan disukai oleh mikroba untuk tumbuh dan berkembang, terutama mikroba yang dikategorikan dalam foodborne diseases,” kata drh Syamsul. Untuk mengatasi kondisi ini maka diperlukan sanitasi higienis di RPH (Good Hygiene Practices). Di samping itu, perlu juga penerapan sistem rantai dingin dan Penerapan jaminan keamanan pangan: NKV, sistem Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), ISO 22000:2018.

Sementara itu, terkait dengan Penerapan Teknik Pemotongan Halal dan Sertifikasi Halal, FLPI menghadirkan drh Supratikno MSi PAVet dari Halal Science Center IPB. Dalam pemaparannya, drh Supratikno menyebutkan bahwa konsep penyembelihan ternak harus diikuti sesuai dengan anjuran agar produk ternak (daging) yang akan dijual ke konsumen benar-benar thayyib (baik) dan tatmim (sempurna). “Pemotongan yang baik itu sesuai dengan anjuran sunnah, yang telah diatur sedemikian rupa, misalnya pada sebagian besar negara muslim di dunia, seperti Indonesia, yang dipotong adalah pada bagian dzabh (ujung leher) dan nahr (pangkal leher, biasanya pada unta).

Lebih lanjut, drh Supratikno menyebut, petugas RPH harus memahami titik kritis penyembelihan halal. “Ini penting diperhatikan, jika menghendaki atau menginginkan produk ternak yang benar-benar dapat disebut halal,” kata drh Supratikno. Titik kritis dimaksud dapat dimulai dari 1) pemeriksaan antemortem, 2) penanganan sesaat sebelum penyembelihan, 3) penyembelihan, pengeluaran darah yang harus sempurna, 4) pemisahan kepala dan kaki bagian bawah, dan 5) pengulitan. “Kelima titik kritis ini harus dicermati dengan seksama oleh para Juleha “Juru Penyembeli Halal” jika ingin mendapatkan daging sapi yang benar-benar thayyib dan tatmim,” ungkap dosen Kesmavet FKH IPB.

Di samping itu semua, yang tidak kalah pentingnya adalah mengupayakan seminim mungkin stres ternak sebelum dipotong. Kenapa demikian? Menurut drh Supratikno, stres pada ternak yang akan dipotong berdampak negatif, terutama pada daging yang dihasilkan. 

“Laporan terkait dengan stres ini sudah sangat banyak, rata-rata melaporkan dampaknya yang signifikan sampai sangat signifikan terhadap daging yang dihasilkan. Selain itu, ternak yang stres menjelang saat pemotongan, juga dapat menularkan stresnya kepada ternak lainnya, sehingga ini sangat merugikan, terutama rugi waktu karena butuh penanganan yang intens dari Juleha,” kata drh Supratikno.

Diakhir pemaparannya, drh Supratikno menyampaikan terkait bahaya stres pada sapi yang akan dipotong, terutama yang berhubungan dengan stres akut. Stres akut itu sendiri ditandai dengan pH daging dijam-jam pertama langsung di bawah 6. Pada stres akut, daging yang dihasilkan berwarna pucat, lembek dan berair, sehingga daging mudah busuk dan cita rasa daging menurun (Sadarman).



Related Posts

4 Comments:

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus
  2. KABAR BAIK

    Pertama saya ingin mengatakan jika Anda takut akan berhasil, Anda tidak akan berhasil bahkan jika kesempatan datang murah dan gratis, itu semua dimulai pada malam yang dingin sementara di tempat tidur saya pergi melalui internet hanya untuk lelah sehingga saya bisa tidur setelah lama hari di bank mencoba untuk mengamankan pinjaman dengan rumah saya dari bank HSBC di pekanbaru bagi mereka yang mungkin tahu bank ini, saya mencoba dan setelah dokumentasi saya diberitahu untuk kembali dalam waktu 30 hari yang bagi saya seperti selamanya jadi sementara pada saya ranjang memikirkan tindakan saya berikutnya, saya menemukan cerita tertentu tentang cara mendapatkan pinjaman dan pada tingkat yang sangat rendah 2% dengan nama-nama perusahaan sebagai perusahaan pinjaman Rossa Stanley saya bertanya-tanya apakah itu nyata sehingga saya menyelidiki lebih jauh dan datang di seorang wanita bernama Nadia Sisworo bersaksi bagaimana dia mendapatkan pinjaman dengan rincian banknya semua ditampilkan jadi saya mengirim email dan kami berbicara, kami mengobrol dan dia meminta saya untuk menghubungi perusahaan ibu rossa bahwa jika rumah saya nyata dan identitas saya mungkin beruntung mendapatkan pinjaman jadi saya mengirim email ke ibu Rossastanleyloancompany@gmail.com tentang kondisi saya dan formulir pinjaman diberikan, saya mengisi dan mengajukan permohonan pinjaman sebesar Rp350.000,00, dan sisanya untuk Kemuliaan Allah, saya mendapat pinjaman dari perusahaan induk rossa, jadi orang yang saya sayangi jika Anda memiliki beban keuangan yang tulus atau ingin menumbuhkan bisnis Anda jangan ragu untuk bertemu ibu rossa untuk bantuan saya yakin Rp350.000.000,00 sudah cukup untuk meninggalkan kemiskinan dan bahagia selamanya seperti saya jika Anda masih ragu-ragu biaya gratis untuk menelepon atau whats app me di +6282385210327 atau menulis saya di hadiemi64@gmail.com dan saya akan membuktikan kepada Anda ibu nyata

    BalasHapus
  3. Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Ny. Nurliana Novi, tolong, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah sepenuhnya mendukung saya melalui ibu, Nyonya Elina yang baik

     Setelah beberapa periode mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. Elina, yang adalah pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ny. Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman itu disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


    Mereka juga memiliki tim ahli di sana yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami kebangkrutan lagi dalam hidup Anda.


    Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina karena membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi Mrs. Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang menggunakan kesaksian saya secara online untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati terhadap orang-orang ini, oke

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  4. KABAR BAIK,
      SEMUA PINJAMAN GLOBAL, inilah satu-satunya perusahaan pinjaman Asli yang diakreditasi oleh BANK DUNIA, Kami akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, perusahaan pinjaman, Diberikan dan Berlisensi untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang yang membutuhkan bantuan keuangan dalam tingkat manfaat yang rendah sebanyak 2% dan Kami menerima pinjaman dalam bentuk apa pun.

    Di sini, di SEMUA PINJAMAN GLOBAL, akan memberikan yang terbaik dari penghormatan kami kepada semua pelamar yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan Kami dalam transaksi bisnis ini karena perusahaan kami akan memastikan pinjaman Anda sampai kepada Anda, jika itu tidak juga berakhir di sana, kami memiliki tim ekspatriat yang memahami undang-undang investasi, mereka akan membantu Anda, memberi Anda tips yang akan membantu Anda mengelola investasi tempat Anda menanamkan pinjaman, sehingga Anda tidak pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda dan penawaran luar biasa ini disertai dengan pinjaman Anda dan tidak dikenakan biaya, Hubungi kami hari ini melalui email allglobalgrantloan@gmail.com

    BalasHapus

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer