Thursday, August 30, 2007

Schering Plough Intestinal Health Tour

Schering Plough Indonesia bekerjasama dengan PT Pimaimas Citra menyelenggarakan seminar Intestinal Health Tour ke-2 di Jakarta. Bertempat di H Santika Jakarta, seminar ini dihadiri puluhan peternak layer dan broiler yang mengikuti seminar dengan antusias hingga akhir acara.
Seminar yang diselenggarakan Kamis, 19 Juli 2007 itu dimoderatori oleh Prof Budi Tangendjaja peneliti bidang pakan ternak dari Balai Penelitian Ternak Ciawi. Seminar ini menghadirkan pembicara Dr John McCarthy (USA) yang menjelaskan tentang konsep pengendalian Koksidiosis dan dibagi kedalam 4 kuadran. Selain itu John juga memaparkan tentang kondisi terkini penyakit Necrotic Enteritis yang juga bisa muncul akibat dipicu kasus Koksidiosi pada industri perunggasan beserta solusi dan saran untuk mengantisipasinya.
Lebih lanjut Dr Preecha Sapkitjakarn (Thailand) menguraikan manfaat yang didapat dengan melakukan pengendalian bakteri Clostridium perfringens penyebab kasus Necrotic Enteritis (NE) dengan penambahan enzim Enramycine pada ransum unggas. Hal ini patut menjadi perhatian peternak Tanah Air karena menurut Dr Chuck Hofacre seperti dikutip dari Poultry Digest Online Vol. 3 no. 1 setiap tahunnya industri perunggasan Amerika menghabiskan 2 milyar dollar US untuk mengendalikan NE. Sementara total untuk seluruh dunia menghabiskan 40 milyar dollar US, terlebih setelah diketahui munculnya NE subklinis.
Sementara itu Dr Naiyana Nakhata (Thailand) menjelaskan konsep IDEA untuk menyusun ransum unggas yang ekonomis sesuai dengan ketersediaan bahan baku yang ada dan sekaligus berfungsi untuk memaksimalkan performa dan kerja saluran pencernaan. (wan)

0 komentar:

Post a Comment

 
Infovet Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template