Tuesday, October 16, 2007

PHYTOGENIK SEBAGAI PEMACU PERTUMBUHAN AYAM BROILER

(( Phytogenik merupakan salah satu pemacu pertumbuhan dihasilkan dari ekstrak tumbuhan yang berperan penting dalam memacu pertumbuhan. ))

Antibiotik sebagai pemacu pertumbuhan telah banyak digunakan, tetapi pada umumnya antibiotik memberikan dampak resiko jangka panjang yang merugikan baik pada lingkungan maupun manusia yang mengkonsumsinya. Untuk melindungi kesehatan masyarakat dari bahaya resistensi antibiotik, perlu dikaji pemacu pertumbuhan berbahan baku alamiah yang aman untuk manusia dan lingkungan.
Terkait hal itu, H Aisyah dari Jurusan Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak, Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor meneliti Studi Suplementasi Phytogenik sebagai Pemacu Pertumbuhan Terhadap Performan Ayam Broiler.
Phytogenik merupakan salah satu pemacu pertumbuhan dihasilkan dari ekstrak tumbuhan yang berperan penting dalam memacu pertumbuhan.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui taraf penggunaan dan pengaruh pemberian ransum yang mengadung phytogenik antibiotik pemacu pertumbuhan terhadap bobot badan dipasarkan, pertambahan bobot badan, konsumsi ransum, konversi ransum, tingkat kematian (mortalitas), Income over feed and chick cost ayam broiler.
Ternak yang digunakan sebanyak 300 ekor ayam broiler strain Avian yang ditempatkan dalam 30 petak kandang sistem litter yang dipelihara selama 5 minggu dan masing-masing berisi 10 ekor. Ransum perlakuan disusun isokalori dan isoprotein dengan kandungan energi ransum 3131 kkal/kg dan protein ransum 21,97 %.
Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap 6 perlakuan dan 5 ulangan menggunakan phytogenik 50, 100, 150 , 200 mg/kg dan antibiotikAvilamycin 5 mg/kg dan Flavomycin 4 mg/kg.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplementasi phytogenik dan antibiotik tidak berpengaruh nyata terhadap bobot badan dipasarkan, pertambahan bobot badan dan nilai konversi ransum.
Secara biologis nilai konversi ransum yang disuplementasi phytogenik lebih baik dari nilai konversi antibiotik Avilamycin (2,18) dan Flavomycin (2,12). Suplementasi phytogenik dalam ransum dapat menggantikan antibiotik sebagai pertumbuhan ayam broiler. (YR/Fapet IPB)

0 komentar:

Post a Comment

 
Infovet Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template