Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini SREEYA SMART FARM SOLUTION, WAJAH PETERNAKAN DI MASA DEPAN | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

SREEYA SMART FARM SOLUTION, WAJAH PETERNAKAN DI MASA DEPAN

Kandang closed house bertujuan agar keadaan di dalam kandang bisa dikondisikan dengan baik. Contohnya adalah suhu dimana mempunyai kebutuhan kenyamanan yang berbeda dalam pertumbuhannya. Misalnya anak ayam membutuhkan suhu 34 derajat tapi ketika sudah berumur tiga puluh lima hari hanya butuh suhu 19 derajat.

Kunci mendapatkan produktivitas yang baik adalah dengan memberikan kenyamanan temperatur pada ayam. Agar ayam terhindar dari heat stress yang akan mengganggu pola makan mereka.

Dalam closed house hal tersebut bisa diatur dengan menyesuaikan heater dan kipas. Namun bagaimanapun closed house ada kekurangannya, yaitu:

  1. Pengumpulan data masih manual, diambil dan dicatat di kertas, kebanyakan diambil 2 x sehari sekitar jam 8 pagi dan 3 sore.
  2. Pengoperasian kipas masih manual, misalny pengecekan jam 8 pagi suhu 30 derajat maka kipas diset berdasarkan suhu itu, masalahnya dari rentang jam 8 pagi hingga 3 sore temperatur tidak selalu sama, temperatur selalu bergerak. Maka dengan demikian kita tidak bisa mengontrol dengan baik.
  3. Respon terhadap farm monitoring masih inefisien dan tidak efektif, seringkali 1 operator memegang 2 sampe 3 kandang, mereka harus berpindah-pindah dari satu kandang ke kandang lain sehingga tidak efektif. Owner kandang pun jika ingin mengecek keadaan kandang musti telepon dulu, lewat chatting, dan sebagainya.
  4. Analisa data tidak efisien karena terbatasnya data yang dikumpulkan, sedangkan data itu sangat penting karena dari data bisa diketahui kondisi kesehatan ayam. Pengumpulan data dan analisa yang baik membuat pengambilan keputusan tidak terlambat.

Sreeya Sewu Indonesia menjawab 4 challenge di atas dengan Sreeya Smart Farm Solution:

Data gathering by sensors.

Pengumpulan data dilakukan secara digital, bisa disubmit di handphone, dan pengumpulan data banyak yang menggunakan sensor (misalnya untuk temperatur dan kelembaban).

Fan automation.

Dalam sehari bisa dapat 200 sampe 300 data temperatur, data dikirim ke internet/cloud dan dikirim serta diproses oleh suatu algoritma ke kipas. Kipas akan langsung menghitung seberapa besar kecepatan yang diperlukan. Data update tiap 10 menit karenanya fan automation juga bergerak per 10 menit.

Desktop and phone application.

Semua data di-compile di aplikasi handphone maupun laptop/pc dan bisa diakses oleh semua orang. Tidak hanya orang yang ada di kandang, owner yang di luar kandang pun bisa mengecek kandang langsung secara live.

Easy to use trend analytical dashboard.

Data mudah dilihat tren analisanya, misalnya perkembangan body weight bisa dilihat dari hari pertama sampai hari ke sekian.

Smart farming ini sudah diterapkan di kandang internal Sreeya dan kandang mitra. Hasilnya ada peningkatan IP antara 3 sampai 7%. (Sumber: Melvin Winata, Business Development Manager, PT Sreeya Sewu Indonesia)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer