Gratis Buku Motivasi "Menggali Berlian di Kebun Sendiri", Klik Disini UPAYA KEMENTAN INTERVENSI HARGA AYAM | Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan -->

UPAYA KEMENTAN INTERVENSI HARGA AYAM

Harga daging ayam broiler di tingkat pedagang tinggi, berkebalikan dengan harga ayam hidup di tingkat peternak

Kementerian Pertanian (Kementan) membahas persoalan pangan bersama Komisi IV DPR RI melalui rapat virtual, Kamis (16/4). Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memaparkan beberapa persoalan pangan yang tengah dihadapi Indonesia. Salah satunya harga ayam yang anjlok

Syahrul menuturkan bahwa persoalan stabilitas harga pangan sebenarnya bukan ranah Kementan. Tugas Kementan adalah menggenjot produksi pangan. Sedangkan masalah distribusi, rantai pasokan, dan stabilitas harga adalah urusan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Namun, ia menilai jika menunggu intervensi kebijakan dari Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, maka harga ayam akan semakin anjlok. 

"Kalau saya menunggu Menteri Perdagangan untuk mengatur stabilisasi harga, harga akan jatuh" tegasnya di depan Komisi IV DPR RI..

Syahrul menyampaikan secara terang-terangan tupoksi kerja Kementerian Pertanian dalam rangka stabilitas ketersediaan pangan, sebetulnya tidak sampai intervensi harga pangan di pasaran.

"Saya ingin sampaikan, sebenarnya begini urusan stabilisasi harga bukan tupoksi kita. Sebenarnya tupoksi yang ada di kementerian lain. Tetapi kalau kami biarkan ini terus terjadi maka harga akan hancur totally di bawah," ungkapnya.

Sejauh ini Kementan telah berupaya untuk melakukan intervensi dalam skala kecil untuk mempermudah ketersediaan pangan melalui Toko Tani. Meski demikian, Toko Tani tidak memiliki kekuatan yang besar dalam meredam gejolak harga di pasaran.

"Oleh karena itu kami kerja sama dengan startup untuk 11 komoditi dan itu hanya bisa menstabilisasi antara harga yang ada," imbuhnya.

Dirinya juga menyebut persoalan pangan selain harga ayam, yaitu impor daging kerbau. Syahrul mewanti-wanti ketersediaan daging menjelang puasa dan Lebaran akan berpotensi terganggu. Sebab saat ini pasokan daging impor masih terkendala di India yang masih memberlakukan kebijakan lockdown

"Khusus daging, daging sampai lebaran Insyaallah kita masih bisa andalkan lokal, walaupun ini akan terseok-seok," katanya. (CR)

Related Posts

0 Comments:

Posting Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERBARU

BENARKAH AYAM BROILER DISUNTIK HORMON?


Copyright © Majalah Infovet I Majalah Peternakan dan Kesehatan Hewan. All rights reserved.
About | Kontak | Disclaimer