Thursday, November 25, 2010

Kongres X ISPI Swasembada Daging Menjadi Isu Utama

Bulan Oktober 2010 ini dua organisasi besar menyelenggarakan Kongres, yaitu ISPI (Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia) dan PDHI (Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia). ISPI menyelenggarakan kegiatan kongres di Hotel Singgasana, Makassar pada 4-7 Oktober, sedangkan PDHI di Hotel Gumaya Semarang pada. Saat tulisan ini disusun, kongress ISPI baru saja usai, sedangkan PDHI baru akan memulai Kongresnya. Mengingat kami diburu deadline, kami memutuskan liputan ISPI dimuat pada edisi Oktober ini, sedangkan liputan Kongress PDHI akan dimuat pada edisi Nopember mendatang. Selamat membaca.

Makasar diserbu Sarjana Peternakan, demikian judul sebuah artikel di kompasiana.com. Tanggal 4-7 Oktober ini kota Makasar Sulsel, memang dipenuhi dengan aktivitas para tokoh sarjana peternakan dari berbagai wilayah Indonesia. Mereka hadir memenuhi sebuah hajat besar yaitu kongres ke-10 Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI). Para istri sarjana peternakan pun ikut hadir dalam acara akbar ini, karena mereka juga memiliki organisasi bernama Ikatan Istri Sarjana Peternakan Indonesia (IISPI) yang melaksanakan Kongres yang ke-6..

Hampir semua pengurus cabang ISPI yang berjumlah 34 cabang hadir ke Makasar. Demikian pula para tokoh senior ISPI, baik pejabat, mantan pejabat, tokoh intelektual maupun pengusaha. Mereka antara lain Erwin Soetirto (mantan Dirjen Peternakan), Soepodo Budiman, Baroto Suranto, Don P Utoyo, Prof. Kusuma Diwyanto, Prof Muladno, Prof. Zaenal Bachrudin, Nurendro Trikesowo, Aprilani Purwanto dan lain-lain.

Rangkaian awal kegiatan dimulai dengan kampanye gizi, diselenggarakan ISPI dan IISPI bekerjasama dengan Ibu-ibu dari tim penggerak PKK Provinsi Sulsel. Dilaksanakan pada hari senin 4 Oktober 2010 bersama murid-murid SD Kera-Kera Tamalanrea.

Sore harinya jam 16-18 dilaksanakan acara Pra Kongres yang berisi paparan Ketua Umum Ispi 2006-2010 Yudhi Guntara Noor mengenai berbagai persiapan yang telah dilakukan dalam menyukseskan Kongres ke-10, mulai dari rancangan Tata Tertib Sidang, proses pemilihan pimpinan sidang, rekomendasi ISPI serta proses pemilihan Ketua Umum. Acara ini dipandu oleh Dr Rochadi Tawaf, salah satu Ketua PB ISPI.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan ramah tamah ke rumah Dinas Ketua DPRD Sulsel M Roem yang diikuti oleh semua pengurus PB ISPI, IISPI, delegasi Pengurus Cabang serta para wartawan. Acara ini berlangsung hingga jam 10 waktu setempat. Pagi harinya tanggal 5 dilakukan seminar tentang perbibitan sapi potong dan kemudian acara pembukaan Kongres oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

Dalam Kongres X ini, pelaksanaan kegiatan diserahkan kepada Pengurus Cabang ISPI Sulsel dimana Prof Jasmal A. Syamsu bertindak sebagai Ketua Panitia.Kegiatan Kongres yang dipusatkan di Hotel Singgasana Makassar ini mengusung tema “Menggalang Profesionalisme Sarjana Peternakan dalam Pembangunan Nasional”. Para peserta merupakan perwakilan dari Pengurus Besar dan Pengurus Cabang ISPI Seluruh Indonesia. Selain itu juga ada utusan dari dinas peternakan provinsi dan kabupaten/kota, beberapa organisasi peternakan dan kesehatan hewan, forum pimpinan perguruan tinggi peternakan Indonesia dan mahasiswa peternakan, serta para sponsor yang terdiri dari perusahan dan industri peternakan.

............selengkapnya baca majalah Infovet edisi Oktober 2010, pemesanan dan berlanggananan klik disini

0 komentar:

Post a Comment

 
Infovet Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template